Sukses

Cristiano Ronaldo Punya Rencana Jadi Pelatih Usai Gantung Sepatu

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, awalnya tidak berpikir untuk meniti karier sebagai pelatih setelah dia pensiun.

Liputan6.com, Turin - Cristiano Ronaldo tahu bahwa dirinya tidak akan selamanya berada di atas lapangan sebagai pemain. Maka dari itu, ia pun mulai membuat rencana untuk masa depannya selepas gantung sepatu suatu hari nanti.

Pemain asal Portugal tersebut kini sudah berusia 34 tahun. Tidak lama lagi, kondisi fisiknya akan jauh menurun dan membuatnya harus berhenti dari dunia sepak bola sebagai pemain. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang pemain pasca mereka gantung sepatu.

Beberapa di antara mereka mengambil jalur menjadi pandit di acara-acara televisi sepak bola dunia. Namun jalan yang paling umum diambil oleh mereka adalah mengambil lisensi kepelatihan dan memulai karirnya di pinggir lapangan.

Cristiano Ronaldo pun paham bahwa di umurnya yang semakin senja, ia harus segera memikirkan soal masa depannya setelah pensiun dari dunia sepak bola. Sampai sekarang, masih banyak yang belum tahu soal rencana bintang Juventus tersebut.

Pada suatu kesempatan, ia dicecar pertanyaan mengenai kegiatan pasca gantung sepatu nanti. Soal kemungkinan menjadi seorang pelatih, kepada awak media ia berkata seperti demikian:

"Mengapa tidak?" jawab Cristiano Ronaldo kepada El Pais, seperti yang dikutip dari Football Italia.

Di kesempatan yang sama, ia juga mendapatkan pertanyaan soal kehidupan barunya bersama Juventus. Seperti yang diketahui, ia menghabiskan karirnya cukup banyak bersama klub raksasa Eropa lainnya seperti Manchester United dan Real Madrid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal Pertama

"Hal pertama yang saya lakukan saat masuk ke klub baru adalah menjadi diri sendiri, bukan orang lain. Etos kerja saya selalu sama. Anda harus rendah diri dan mengingat bahwa anda tak tahu segalanya," lanjut Ronaldo.

"Bila anda cerdas, anda akan mendapatkan hal kecil yang membuat anda berkembang sebagai atlet. Saya beradaptasi dengan sempurna di Juve. Mereka tidak melihat saya sebagai penipu. Hanya sepak bola dan hal-hal normal yang mereka bicarakan di ruang ganti bersama saya. Tidak lebih dan tidak kurang," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Rekor Gol Terendah

Di musim debutnya bersama Juventus, Ronaldo langsung menghiasi dirinya dengan gelar Scudetto dan Supercoppa. Namun, ia sepertinya akan mencatatkan rekor gol terendah yang pernah ia bukukan terhitung sejak 2010 silam.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.