Sukses

Barcelona Hajar Liverpool, Kesalahan Van Dijk Berbuah Gol Suarez

Van Dijk dianggap biang kekalahan Liverpool dari Barcelona di Camp Nou, karena gagal mengawal Lionel Messi dan Luis Suarez.

Liputan6.com, Barcelona - Liverpool harus menelan kekalahan telak dalam laga leg pertama kontra Barcelona di babak semi-final Liga Champions, Kamis (2/5) dini hari kemarin. Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, menyebut nama Virgil van Dijk sebagai biang keladinya.

Belum lama ini, Van Dijk mendapatkan banyak pujian dari berbagai kalangan setelah dinobatkan sebagai pemenang PFA Player of the Year. Bek asal Belanda itu disebut memegang peran penting dalam kebangkitan Liverpool di musim ini.

Sayangnya, ia tak bisa berbuat banyak saat Liverpool melawat ke markas Barcelona. Van Dijk tak mampu membendung permainan menyerang dari Lionel Messi dkk hingga membuat timnya kalah dengan skor telak 0-3.

Alhasil, mantan pemain Southampton tersebut mendapatkan kritikan. Salah satunya datang dari Arsene Wenger yang pernah menjadi pelatih Arsenal hingga musim lalu. Di matanya, Van Dijk melakukan kesalahan besar dengan membiarkan penyerang Barcelona, Luis Suarez, bebas.

"Ini sangat menarik karena Virgil van Dijk [biasanya] menutup celah, tapi dia seharusnya menjaga Suarez untuk menutup celah gol. Dari seorang bek tengah dengan kualitas seperti itu... dia membiarkannya pergi," tutur Wenger kepada beIN Sports.

"Permulaan posisinya tidaklah buruk, tapi dia menolak untuk memberi respons. Itu adalah gol yang hebat karena umpan silangnya fantastis. Untuk seorang pencetak gol, itu ideal. Sebuah sepak bola yang luar biasa," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Efektivitas

Lebih lanjut, dalam pandangan Wenger, Liverpool sejatinya lebih unggul dari Barcelona walaupun mereka kalah dengan skor telak. Tetapi, alasan mengapa Barcelona menang menurutnya adalah efektivitas saat berada di depan gawang.

"Secara fisik, mereka [Liverpool] lebih kuat dari Barcelona, terutama dari segi kecepatan," tambah Wenger.

"Barcelona membuat dua atau tiga kartu kuning karena mereka tak bisa berlari dengan pemain Liverpool. Tapi saat mereka mencapai lini terakhir, Barca punya kualitas itu. Satu kesempatan, satu gol," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Dua Gol Messi

Dari ketiga gol yang didapatkan Barcelona, dua di antaranya dicetak oleh Lionel Messi pada babak kedua. Sedangkan satu gol sisanya yang merupakan gol pembuka diciptakan oleh penyerang lainnya, yakni Luis Suarez.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.