Piala AFC 2019: Persija Terhenti di Fase Grup

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 01 Mei 2019, 19:13 WIB
Persija Jakarta, Becamex Binh Duong, Piala AFC 2019

Hanoi - Persija Jakarta akhirnya harus angkat koper lebih awal di Piala AFC 2019. Hal ini tak lepas dari kekalahan 1-3 melawan Becamex Binh Duong, Rabu (1/5/2019) di Stadion Go Dau.

Dengan hanya menyisakan satu laga lagi, tim berjulukan Macan Kemayoran itu tak mungkin lagi finis di posisi pertama atau pun berstatus runner up terbaik.

Persija Jakarta langsung ditekan di awal pertandingan. Becamex mampu menciptakan dua peluang emas dalam 20 menit pertama.

Pertama, lewat tendangan Victor Mansaray yang masih mampu diamankan oleh penjaga gawang Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa. Lalu, kemelut di kotak penalti lawan dengan sundulan Mansaray yang hanya membentur mistar gawang.

Persija Jakarta bukan tanpa peluang. Sepakan Bruno Matos sempat mengagetkan pada menit ke-21. Sayang, tendangan dari dalam kotak penalti gelandang asal Brasil itu mengarah ke mistar gawang.

Becamex tak tinggal diam. Kesalahan Ismed Sofyan dalam mengantisipasi umpang panjang mampu dimanfaatkan Nguyen Anh Duc untuk menggetarkan gawang Persija pada menit ke-38. Sepakannya mengalir deras masuk ke gawang yang dikawal Andritany.

Persija Jakarta kembali kebobolan. Kelalaian Riko Simanjuntak dalam menutup pergerakan To Van Vu berbuah bumerang. Tendangan melengkung pemain berusia 25 tahun itu merobek gawang tim ibu kota pada menit ke-45+2.

Pesta gol Becamex bertambah tatkala pemain pengganti, Wander Luiz, memperdaya Andritany via tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-51. Persija Jakarta semakin tertinggal 0-3.

Persija Jakarta sempat memperkecil ketertinggalan lewat sepakan mendatar Bruno Matos di menit ke-71. Namun, hingga pertandingan selesai, skor tidak berubah. Macan Kemayoran takluk 1-3 dari Becamex.

Kekalahan di Vietnam ini membuat Persija Jakarta tak beranjak dari peringkat ketiga klasemen sementara Grup H dengan poin empat. Sementara, Becamex tetap berada di posisi kedua lewat torehan sepuluh angka. Persija pun dipastikan tersingkir dari Piala AFC 2019 meski masih memiliki satu laga kontra Shan United pada 15 Mei 2019.

2 of 2

Susunan Pemain

Gelandang Persija Jakarta, Rohit Chand, memberikan instruksi kepada rekannya saat melawan Becamex Binh Duong pada laga Piala AFC. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)
Gelandang Persija Jakarta, Rohit Chand, memberikan instruksi kepada rekannya saat melawan Becamex Binh Duong pada laga Piala AFC di SUGBK, Jakarta, Selasa (26/2). Kedua klub bermain imbang 0-0. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Becamex Binh Duong (4-4-2): Bui Tan Truong (k); Ho Tan Tai, Nguyen Hung Thien Duc, To Van Vu, Veniamin Shumeyko (b); Nguyen Trong Huy, Ali Rabo, Dinh Hoang Max, Nguyen Anh Duc (t); Nguyen Tien Linh, Victor Mansasary (d).

Pelatih: Nguyen Thanh Son

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Steven Paulle, Maman Abdurrahman, Dany Saputra; Rohit Chand, Tony Sucipto, Bruno Matos (t); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Bambang Pamungkas (d).

Pelatih: Ivan Kolev

Sumber: Bola.com

Lanjutkan Membaca ↓