Sukses

Reputasi Mentereng, Wasit Ini Pimpin Laga Barcelona Vs Liverpool

Bjorn Kuipers wasit yang sering memimpin laga Barcelona dan Liverpool di Liga Champions.

Liputan6.com, Barcelona - Pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions 2018-2019 antara Barcelona kontra Liverpool di Camp Nou, akan dipimpin wasit asal Belanda, Bjorn Kuipers. Wasit ini dikenal punya reputasi mentereng di Eropa.

Yang menarik, dalam laga yang dipimpin Kuipers, baik Barcelona maupun Liverpool memiliki catatan positif. Selama laga dipimpin oleh Kuipers, Barcelona dan Liverpool belum pernah menderita kekalahan.

Wasit berusia 46 tahun ini pun dianggap paling cocok memimpin partai besar antara Blaugrana melawan The Reds. Kuipers dinilai sebagai salah satu wasit terbaik di Eropa saat ini.

Seperti dilansir Marca, catatan Kuipers dalam memimpin pertandingan-pertandingan lain juga apik. Tidak ada keputusan-keputusan kontroversial yang pernah dia ambil selama memimpin laga-laga kompetisi Eropa seperti Liga Champions maupun Liga Europa.

Kuipers juga pernah terpilih memimpin partai final Liga Champions 2014 antara Real Madrid lawan Atletico Madrid. Dia juga pernah terpilih memimpin laga final Liga Eropa 2018 antara Atletico Madrid kontra Marseille.

Pertama kali Kuipers memimpin laga Barcelona di Liga Champions terjadi pada penyisihan grup 2009-2010 melawan Dynamo Kiev. Barcelona menang 2-0 atas Kiev kala itu.

Di musim yang sama, Kuipers kembali memimpin laga Barcelona, kali ini di babak 16 besar melawan Stuttgart. Pertandingan saat itu berakhir imbang 1-1 di Camp Nou. Kemudian, Kuipers juga ikut mengantarkan Barcelona lolos ke semifinal Liga Champions 2011-2012 usai menyisihkan AC Milan. Semusim berselang, Kuiper kembali menjadi wasit laga Barcelona kontra PSG di perempat final, di mana Blaugrana imbang 1-1 di Camp Nou.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Laga Ketujuh

Kala Barcelona menyambangi markas AS Roma pada musim 2015-2016 di penyisihan grup, Kuipers juga menjadi wasitnya. Pertandingan saat itu berakhir imbang 1-1.

Terakhir, Kuipers memimpin pertandingan Barcelona yakni saat Blaugrana bermain imbang 0-0 dengan Juventus pada leg kedua babak perempat final Liga Champions musim 2016-2017.

Ini akan laga ketujuh Barcelona di Liga Champions yang dipimpin Kuipers. Sementara untuk Liverpool, pertandingan dini hari nanti menjadi yang keempat dipimpin Kuipers di Liga Champions.

Pada tiga pertandingan Liga Champions sebelumnya, Liverpool meraih dua kemenangan dan satu hasil imbang. Yang pertama ketika Liverpool menang 1-0 atas Debrecen di musim 2009-2010.

3 dari 3 halaman

Tak Pernah Kalah

Kemudian pada musim 2014-2015, Kuipers kembali memimpin laga Liverpool, di mana saat itu The Reds bermain imbang 1-1 kontra Basel di babak penyisihan grup.

Pertandingan Liverpool terakhir yang dipimpin Kuipers yakni saat mereka menundukkan Hoffenheim di babak penyisihan grup musim 2017-2018. Ketika itu, Liverpool menang 2-1.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.