Sukses

6 Fakta Menarik Jelang Laga Barcelona Vs Liverpool

Barcelona akan lebih dulu menjamu Liverpool di Camp Nou dalam pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions 2018-2019 dini hari nanti WIB.

Liputan6.com, Barcelona - Pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions antara Barcelona kontra Liverpool akan berlangsung di Camp Nou, dini hari nanti WIB. Tak sedikit yang menyebut ini laga final Liga Champions sesungguhnya.

Liverpool dan Barcelona sama-sama memeragakan gaya sepak bola menyerang di lapangan. Oleh karena itu, pertemuan kedua tim ini pun diprediksi akan berjalan sangat seru.

Barcelona bertekad membawa pulang trofi Si Kuping Besar, setelah terakhir memenangkannya pada 2015. Blaugrana ingin membuktikan tak kalah hebat dari Real Madrid, setelah klub ibu kota Spanyol itu memenangkan Liga Champions tiga musim terakhir.

Sementara itu, Liverpool termotivasi mengangkat trofi kompetisi antarklub Eropa tersebut musim ini. Musim lalu, The Reds harus takluk di partai puncak Liga Champions usai kalah dari Real Madrid.

Partai ini menjadi lebih menarik, karena kedua tim punya sejarah bagus di Liga Champions. Berikut deretan fakta menarik laga Barcelona vs Liverpool seperti dilansir situs UEFA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

6 Fakta Menarik

1. Liverpool dan Barcelona sudah 4 kali bertemu di ajang Liga Champions. Pertemuan pertama terjadi pada musim 2001-2002 di penyisihan grup, Barcelona menang 1-3 di Anfield dan imbang 0-0 di Camp Nou. Lalu, pada 2006-2007 kedua tim bertemu di babak 16 besar, Barcelona kalah 1-2 dari Liverpool di Camp Nou, tapi Blaugrana mampu menang 1-0 di Anfield.

2. Barcelona merupakan tim paling produktif di antara semifinalis Liga Champions musim ini lainnya. Blaugrana tercatat sudah menjaringkan 23 gol dalam 10 pertandingan. Liverpool hanya mencetak 18 gol dari 10 laga.

3. Barcelona memiliki pertahanan terbaik di Liga Champions sejauh ini. Dari 10 laga yang sudah dimainkan, gawang Blaugrana baru kemasukan enam gol dengan rataan 0,6 gol per pertandingan. Liverpool sudah kebobolan sembilan gol dari pertandingan dengan rata-rata kebobolan 0,9 gol per laga.

4. Striker Barcelona, Lionel Messi, belum pernah sekalipun membobol gawang Liverpool di ajang Liga Champions. Selain Liverpool, ada lima tim lain yang belum pernah dibobol Messi yakni Atletico Madrid, Inter Milan, Benfica, Rubin Kazan, dan Udinese.

3 dari 3 halaman

Fakta Lain

5. Barcelona dan Liverpool masing-masing telah mengoleksi lima gelar Liga Champions. Barcelona menjadi juara pada 1992, 2006, 2009, 2011, dan 2015. Sementara Liverpool menjadi juara pada musim 1977, 1978, 1981, 1984, dan 2005.

6. Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde dan Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp pernah dua kali beradu taktik di ajang Liga Champions. Pertemuan itu terjadi pada penyisihan grup musim 2011-2012, di mana Valverde masih menangani Olympiakos dan Klopp masih duduk di kursi pelatih Borussia Dortmund. Klopp membawa Dortmund menang 1-0 kala itu di pertemuan pertama, tapi Valverde membalas dengan membuat Olympiakos menundukkan Die Borussen 3-1 di pertemuan kedua.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.