Sukses

Keberanian De Gea Kawal Gawang MU Sudah Tenggelam

David De Gea melakukan kesalahan saat MU bermain imbang 1-1 melawan Chelsea di Old Trafford, akhir pekan lalu, dalam lanjutan Liga Inggris.

Liputan6.com, London - Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger memberikan kritik keras kepada kiper Manchester United (MU), David De Gea. Menurut Wenger, mental De Gea di bawah mistar gawang Setan Merah, sebutan MU, sudah tenggelam.

Dalam pertandingan terakhirnya, saat MU melawan Chelsea di Old Trafford, De Gea melakukan kesalahan. Dalam laga itu, kiper asal Spanyol tersebut tidak sempurna menangkap tendangan Antonio Rudinger.

Bola liar pun langsung disambar Marcos Alonso. Kesalahan De Gea itu membuat MU bermain imbang 1-1 saat melawan Chelsea.

"Buat saya, sepertinya De Gea telah kehilangan kepercayaan diri. De Gea tak pernah menjadi penangkap umpan silang yang bagus, tapi di depan gawang, dia tak terkalahkan," kata Wenger dikutip dari Manchester Evening News.

"Saya ingat tahun lalu, ketika kami (Arsenal) menghadapi mereka (MU), kami melepaskan 33 tembakan mengarah ke gawang, De Gea membuat 15 penyelamatan, dan baru-baru ini, mentalnya telah tenggelam," ujar pria asal Prancis tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tenggelam Dalam Keyakinan

Lebih lanjut, Wenger mengatakan, De Gea kehilangan rasa percaya diri. Performa terburuk De Gea menurut Wenger saat Setan Merah, sebutan MU, kalah empat gol tanpa balas di kandang Everton.

"Menurut saya seperti ketika dia kemasukan gol dia berpikir: 'Saya harusnya melakukan lebih baik di sana' dan di setiap pertandingan, dia tenggelam dalam keyakinannya," ucap Wenger.

Performa De Gea memang dikatakan jauh menurun di musim ini. Padahal di musim sebelumnya, dia berhasil memenangkan penghargaan Premier League Golden Glove. Itu merupakan sebuah penghargaan untuk kiper tangguh di Liga Inggrsi.

De Gea mendapatkan penghargaan itu karena berhasil mencetak 18 clean sheet, lebih banyak dari kiper lainnya di Liga Inggris. Dia menjadi kiper MU kedua setelah Edwin van der Sar yang meraih penghargaan Premier League Golden Glove.

 

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • David De Gea adalah kiper sepak bola profesional yang berasal dari Spanyol.
    David De Gea adalah kiper sepak bola profesional yang berasal dari Spanyol.

    David De Gea

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Arsene Wenger