Keberanian De Gea Kawal Gawang MU Sudah Tenggelam

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 30 Apr 2019, 18:00 WIB
Manchester United Ditahan Imbang Chelsea di Old Trafford

Liputan6.com, London - Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger memberikan kritik keras kepada kiper Manchester United (MU), David De Gea. Menurut Wenger, mental De Gea di bawah mistar gawang Setan Merah, sebutan MU, sudah tenggelam.

Dalam pertandingan terakhirnya, saat MU melawan Chelsea di Old Trafford, De Gea melakukan kesalahan. Dalam laga itu, kiper asal Spanyol tersebut tidak sempurna menangkap tendangan Antonio Rudinger.

Bola liar pun langsung disambar Marcos Alonso. Kesalahan De Gea itu membuat MU bermain imbang 1-1 saat melawan Chelsea.

"Buat saya, sepertinya De Gea telah kehilangan kepercayaan diri. De Gea tak pernah menjadi penangkap umpan silang yang bagus, tapi di depan gawang, dia tak terkalahkan," kata Wenger dikutip dari Manchester Evening News.

"Saya ingat tahun lalu, ketika kami (Arsenal) menghadapi mereka (MU), kami melepaskan 33 tembakan mengarah ke gawang, De Gea membuat 15 penyelamatan, dan baru-baru ini, mentalnya telah tenggelam," ujar pria asal Prancis tersebut.

 

2 of 3

Tenggelam Dalam Keyakinan

David de Gea
Penjaga gawang Manchester United asal Spanyol, David de Gea. (AFP/Oli Scarff)

Lebih lanjut, Wenger mengatakan, De Gea kehilangan rasa percaya diri. Performa terburuk De Gea menurut Wenger saat Setan Merah, sebutan MU, kalah empat gol tanpa balas di kandang Everton.

"Menurut saya seperti ketika dia kemasukan gol dia berpikir: 'Saya harusnya melakukan lebih baik di sana' dan di setiap pertandingan, dia tenggelam dalam keyakinannya," ucap Wenger.

Performa De Gea memang dikatakan jauh menurun di musim ini. Padahal di musim sebelumnya, dia berhasil memenangkan penghargaan Premier League Golden Glove. Itu merupakan sebuah penghargaan untuk kiper tangguh di Liga Inggrsi.

De Gea mendapatkan penghargaan itu karena berhasil mencetak 18 clean sheet, lebih banyak dari kiper lainnya di Liga Inggris. Dia menjadi kiper MU kedua setelah Edwin van der Sar yang meraih penghargaan Premier League Golden Glove.

 

3 of 3

Klasemen Liga Inggris

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓