Sukses

Semifinal Liga Champions: Data dan Fakta Spurs vs Ajax

Laga Tottenham Hotspur kontra Ajax Amsterdam di semifinal Liga Champions 2018/19 merupakan duel dua tim kejutan.

Liputan6.com, London - Tottenham Hotspur akan menjamu Ajax Amsterdam pada leg pertama semifinal Liga Champions 2018/19. Laga tersebut akan dimainkan di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu (1/5/2019) dini hari WIB.

Laga Spurs kontra Ajax merupakan duel dua tim kejutan di Liga Champions. Keduanya mampu menyingkirkan sejumlah klub yang lebih difavoritkan.

Spurs melangkah ke semifinal dengan menyingkirkan dua tim kuat, Borussia Dortmund dan Manchester City. Sedangkan Ajax secara mengejutkan mendepak juara bertahan Real Madrid dan Juventus.

Karena itu, tidak seorang pun yang mengira Spurs dan Ajax akan melaju ke semifinal Liga Champions. Berikut data dan fakta Spurs vs Ajax seperti dikutip dari Sportsmole:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Ajax Diuntungkan Jadwal

Ajax mendapat libur satu pekan penuh untuk mempersiapkan laga kontra Tottenham Hotspur setelah Eredivisie membatalkan pertandingan domestik pada pekan lalu. Dengan demikian, kondisi Ajax lebih bugar ketimbang Spurs.

Pasalnya, Spurs justru harus menghadapi West Ham United dalam lanjutan Liga Inggris pada akhir pekan lalu. Manajer Spurs Mauricio Pochettino mengeluhkan padatnya jadwal tersebut.

Ia sempat berharap, operator Liga Inggris juga melakukan hal serupa dengan KNVB. Bahkan, ia menuding jadwal yang ada tak adil. Sehingga membuat peluang Spurs ke final Liga Champions menipis.

3 dari 6 halaman

Ajang Reuni

Ada empat mantan pemain Ajax di ruang ganti Tottenham Hotspur pada semifinal Liga Champions. Mereka antara lain Christian Eriksen, Jan Vertonghen, Davinson Sanchez , dan Toby Alderweireld.

Tidak seperti Eriksen, Vertonghen, dan Sanchez, Alderweireld baru bergabung dengan Spurs usai bermain untuk Atletico Madrid selama dua musim (2013-15). Keempatnya telah berbicara cinta mereka terhadap Ajax. Sehingga laga ini akan menjadi reuni bagi mereka.

 

 

 

4 dari 6 halaman

Son Heung Min Absen

Son Heung-min tidak dapat memperkuat Tottenham Hotspur saat menghadapi Ajax pada leg pertama semifinal Liga Champions, Rabu (1/5/2019) dini hari WIB. Striker asal Korea Selatan itu harus absen karena akumulasi kartu.

Son menjadi pusat perhatian setelah Harry Kane cedera. Ia mencetak tiga gol untuk membantu Spurs mengalahkan Manchester City lolos ke semifinal.

Karena itu, kehilangan Son merupakan pukulan besar bagi Manajer Spurs Mauricio Pochettino. Sebab, ia akan kekurangan stok penyerang.

5 dari 6 halaman

Duel Tim Kejutan

Laga Tottenham Hotspur kontra Ajax Amsterdam di semifinal Liga Champions tidak pernah diprediksi. Sebab, keduanya bukan tim yang difavoritkan.

Spurs melangkah ke semifinal setelah melewati dua tim unggulan. Di babak 16 besar, wakil Inggris ini menyingkirkan Borussia Dortmund. Setelah itu, salah satu favorit juara, Manchester City yang menjadi korban Spurs.

Kejutan juga dibuat Ajax. Wakil Belanda tersebut menyingkirkan juara bertahan Real Madrid di babak 16 besar. Ajak kemudian memupus ambisi Juventus di perempat final.

 

6 dari 6 halaman

Fans Spurs Saksikan Langsung De Ligt

Fans Spurs akhirnya akan melihat Matthijs De Ligt bermain di Tottenham Hotspur Stadium. Bek Ajax menjadi target Spurs pada musim panas lalu sebagai calon pengganti Toby Alderweireld.

Namun, Spurs gagal mendapatkan jasa De Ligt. Kini, bek berusia 19 tahun telah minat klub-klub besar Eropa, seperti Barcelona dan Juventus. Duel De Ligt melawan Harry Kane atau Son Heung-min bakal menjadi tontonan yang hebat.

Sayangnya, duel tersebut tidak akan terjadi pada leg pertama semifinal. Sebab, Kane masih dibekap cedera dan Son harus absen karena akumulasi kartu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.