Sukses

Semifinal Liga Champions: Bek Spurs Sanjung Ajax

Ajax Amsterdam membuat kejutan di Liga Champions musim ini dengan menyingkirkan juara bertahan Real Madrid dan Juventus.

Liputan6.com, London - Ajax Amsterdam membuat kejutan di Liga Champions 2018/19. Wakil Belanda itu menyingkirkan juara bertahan Real Madrid pada babak 16 besar.

Kejutan kembali dibuat Ajax di perempat final Liga Champions. Juventus yang merupakan salah satu favorit juara, ditendang dengan dengan agregat 2-3.

Di semifinal, Ajax akan bertemu Tottenham Hotspur yang juga merupakan tim kuda hitam. Spurs mengalahkan wakil Inggris lainnya yang juga favorit juara, Manchester City.

Bek Spurs Jan Vertonghen mengaku tidak terkejut dengan kiprah Ajax di Liga Champions musim ini. Dia menyebut akademi Ajax mengajarkan para pemain mudahnya dengan sikap menang dan pendekatan percaya diri.

"Itu yang mereka lakukan," tutur Vertonghen jelang laga kontra Ajax di leg pertama semifinal Liga Champions. "Selalu, ketika Anda berusia enam atau tujuh tahun, Anda mulai dan Anda berada di tim terbaik di liga. Selalu."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Selalu Menang

Vertonghen mengungkapkan hasil imbang atau kalah tidak ada dalam kamus Ajax. Walau itu laga tandang, para pemain Ajax dituntut untuk memenangkan pertandingan.

"Kamu harus mendominasi jauh dari rumah. Hasil imbang tidak pernah cukup. Kemenangan tidak pernah cukup. Kamu selalu harus menang dengan cara tertentu. Itulah yang kamu lihat sekarang," ucap mantan bek Ajax itu.

"Ajax bermain di level yang sulit dipercaya. Anda tidak mengharapkan tim selain dari negara-negara besar untuk melakukan ini. Mereka telah menunjukkan cara untuk melakukannya."

"Mereka selalu selangkah di depan orang lain. Saya senang itu terbayar," ujar Vertonghen.

 

 

3 dari 3 halaman

Level Tertinggi

"Mereka hanya mempersiapkan semua orang untuk level tertinggi. Kemudian anak-anak yang datang, karena mereka hampir anak-anak ketika mereka berusia 18, 19, dan membuat debut mereka di 17, mereka siap," ujar Vertonghen.

"Mereka lapar. Mereka siap. Mereka tidak kenal takut. Mereka merasakan dukungan dari akademi dan mereka mendapat kepercayaan pada kualitas mereka."

Spurs akan menjamu Ajax pada leg pertama semifinal Liga Champions. Laga ini akan dimainkan di Tottenham Hotspur Stadium, London, Rabu (1/5/2019) dini hari WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.