Barcelona Tak Menyangkal Dianggap Bergantung kepada Messi

Oleh Aning Jati pada 28 Apr 2019, 19:05 WIB
Diperbarui 28 Apr 2019, 19:15 WIB
Barcelona

Jakarta Lionel Messi adalah inti Barcelona. Begitu pernyataan sang pelatih, Ernesto Valverde, setelah Barcelona memastikan titel La Liga 2018-2019, Minggu dini hari WIB (28/4/2019).

Valverde juga mengatakan, Messi adalah alasan mengapa Barcelona mampu mendominasi La Liga dalam beberapa tahun ini.

Barcelona merengkuh gelar La Liga ke-26 sepanjang sejarah klub Catalan itu. Mulai abad ke-21 ini (2001), mereka sudah menyegel gelar itu sebanyak 10 kali. Terbanyak di antara klub lain, Real Madrid sekali pun.

Secara khusus, prestasi kampiun La Liga musim ini jadi yang keempat dalam lima musim terakhir. Dan Messi, punya andil besar dalam segala pencapaian itu.

Dia selalu mengemas lebih dari 25 gol buat Barcelona dalam 10 musim terakhir. Untuk musim ini, koleksi golnya sudah 34, yang jadi tertinggi sepanjang sejarah La Liga, padahal kompetisi musim ini belum usai.

"Sangat jelas, Messi adalah dasar dari semua ini," kata Valverde.

"Ini era yang ditandai dengan kesuksesan di La Liga buat klub. Pelatih dan pemain boleh datang, pergi, dan berkontribusi, tapi jika harus ada satu nama di atas yang lain, itu adalah Leo," imbuhnya.

2 of 2

Sifat Kompetitif

Lionel Messi
Mesin gol Barcelona, Lionel Messi. (AFP/Josep Lago)

"Kami tak akan menyangkal itu. Semuanya tahu itu. Dia menandai semua yang kami lakukan. Dia menandai gaya permainan kami. Sifat kompetitifnya mendorong kami semua," kata Valverde.

Pengakuan juga datang dari rekan satu tim Messi di Barcelona, Luis Suarez.

"Dia pemain terbaik di dunia dan sepanjang sejarah. Anda harus menikmati setiap menit Anda bermain bersamanya. Kami semua bangga dengannya dan apa yang dia lakukan dalam setiap pertandingan," ucap Suarez.

Sumber: ESPN

Lanjutkan Membaca ↓