Sukses

10 Gol Kilat Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Liga Inggris menghadirkan banyak cerita. Salah satunya gol cepat saat pertandingan belum berusia lama. Siapa saja yang sukses melakukannya?

Jakarta - Liga Inggris merupakan salah satu kompetisi dengan penggemar terbanyak dunia. Ajang ini pun menghadirkan berbagai atraksi dan cerita. 

Gol-gol indah, umpan brilian, tekel-tekel jitu, serta insiden kontroversial menjadi bumbu tersendiri di lapangan hijau. 

Salah satu yang menjadi hiburan spesial tentu saja gol-gol yang lahir di tiap pertandingan. Setiap gol pasti istimewa, termasuk yang tercipta sangat cepat. 

Pemain Southampton Shane Long, Selasa (23/4/2019), menjadi buah bibir dan masuk dalam buku sejarah, karena mencetak gol ketika pertandingan berjalan kurang dari delapan detik. Duel kontra Watford tersebut akhirnya berkesudahan dengan skor 1-1. 

​Gol itu merupakan yang tercepat dalam sejarah Liga Inggris. Namun, ada banyak gol lain yang mendekati rekor tersebut. 

Berikut ini daftar 10 gol tercepat Liga Inggris sejak 1992-1993 seperti dilansir 90min:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

10. Asmir Begovic (13, 64 Detik Vs Southampton, November 2013)

Gol ini istimewa karena Asmir Begovic merupakan seorang kiper. Golnya menempati urutan ke-10 dalam daftar gol tercepat sepanjang sejarah Premier League. 

Kiper Stoke City tersebut menguasai bola setelah kick-off dari umpan seorang pemain belakang. Dia kemudian menendang bola melambung ke depan. 

Ternyata bola melambung kencang, kemudian sempat memantul sekali, dan melayang melewati kiper Southampton, Artur Boruc dan menjadi gol. 

 

3 dari 11 halaman

9. James Beattie (13,52 Detik vs Chelsea, Agustus 2004)

Pada musim 2004-2005, Chelsea memiliki barisan pertahanan yang tangguh. Namun, fakta tersebut tak membuat pemain Southampton, James Beattie, gentar. 

Back pass buruk dari Joe Cole, jatuh ke kaki Beattie di luar kotak penalti. Bintang Southampton tersebut kemudian menundukkan kiper Petr Cech dengan bola setengah lambung dari jarak 25 yard.  

Chelsea akhirnya tetap memenangi laga tersebut, dan kemudian mengangkat trofi Premier League di akhir musim. Jadi, kemungkinan Chelsea tak terlalu terluka dengan gol cepat tersebut. 

 

4 dari 11 halaman

8. Kevin Nolan (13,48 Detik vs Blackburn, Januari 2004)

Bolton Wanderers menang dramatis 4-3 atas Blackburn Rovers pada Januari 2004, pada duel yang berlangsung menarik bagi fans. 

​Kevin Davies mengirim umpan pelan ke kotak penalti, yang membuat Kevin Nolan dengan mudah melesakkan gol ke gawang Blackburn dengan tendangan jarak dekat. 

Namun, Bolton tak punya banyak waktu berselebrasi karena Blackburn berhasil menyamakan skor melalui Vratislav Gresko semenit berselang. Duel yang seru! 

5 dari 11 halaman

7. Chris Sutton (12,94 Detik vs Everton, April 1995)

Chris Sutton menjalani fase naik-turun selama berkarier di Premier League, tapi musim 1994-1995 jelas menjadi salah satu yang terbaik baginya. 

Ketika timnya, Blackburn Rovers, bertemu Everton, Alan Shearer mengirim umpan kepada Sutton. Sang pemain dengan tenang membobol gawang Everton sehingga membuat timnya unggul, ketika banyak fans belum menemukan tempat duduknya. 

Shearer berhasil menambah keunggulan Blackburn lima menit berselang.  

 

6 dari 11 halaman

6. Dwight Yorke (12,16 Detik vs Coventry, September 1995)

Tak mengagetkan ketika menemukan nama Dwight Yorke di daftar striker impresif dalam sejarah Premier League. 

Yorke membawa timnya, Aston Villa, menggungguli Coventry City pada 1995 hanya dalam tempo 12 detik, melalui sundulan, dengan meneruskan umpan dari Ian Taylor.  

Yorke membantu Villains terkualifikasi ke Piala UEFA pada musim itu, sebelum hijrah ke Manchester United beberapa musim berselang. 

 

7 dari 11 halaman

5. Mark Viduka (11,90 Detik vs Charlton, Maret 2001)

​Leeds United gagal terkualifikasi ke Liga Champions pada musim 2000-2001, tapi jelas alasannya bukan karena kurangnya usaha dari Mark Viduka. 

Leeds memulai pertandingan kontra Charlton Athletic dengan mengirim bola panjang ke area penalti, dan Alan Smith mengumpan bola ke Viduka. Sang pemain hanya butuh dua sentuhan untuk membobol jala Charlton.  

 

8 dari 11 halaman

4. Christian Eriksen (10,54 Detik vs Manchester United, Januari 2018)

Tendangan spekulatif lagi-lagi bisa memicu gol cepat. Kali ini dialami Tottenham Hotspur ketika menghadapi Manchester United pada awal 2018. 

​Tendangan flick dari Harry Kane mengarah ke Dele Alli, yang menendang ke belakang, dan langsung disambar  Christian Eriksen. Gol cepat itu membuat Tottenham unggul di Wembley Stadium. 

 

9 dari 11 halaman

3. Alan Shearer (10,52 Detik vs Manchester City, Januari 2003)

Manajer legendaris Newcastle United, Kevin Keegan, kembali ke St James' Park pada awal 2003, tapi kali ini saat menangani ​Manchester City.​ Alan Shearer dengan cepat memastikan laga itu tak menjadi momen manis bagi Keegan. 

Gol itu berawal ketika pemain City mengembalikan bola ke kiper Carlo Nash, yang terpeleset ketika berusaha menghalau bola. Insiden itu membuat Shearet punya waktu untuk mengambil bola dan melesakkannya ke gawang yang kosong. 

 

10 dari 11 halaman

2. Ledley King (9,82 Detik vs Bradford City, Desember 2000)

Ini gol pertama dalam sejarah Premier Laeague yang tercipta ketika pertandingan berjalan kurang dari 10 detik. Ledley King mendapat keuntungan dari bola liar dari pemain Bradford City pada Desember 2000. 

Dia menguasai bola di luar kotak penalti, kemudian menggiring beberapa langkah, dan melepaskan tembakan ke arah gawang. Bola melesakkan ke pojok bawah gawang Bradford.  

Itu merupakan gol tercepat Spurs di ajang liga, serta sempat bertahan sebagai gol tercepat Premier League dalam 19 tahun. Tapi, kini sudah tidak lagi. 

 

11 dari 11 halaman

1. Shane Long (7,69 Detik vs Watford, April 2019)

Shane bukan hanya memecahkan rekor Ledley King, tapi memang benar-benar menghancurkannya, karena berselisih sekitar dua detik.

Gol tersebut tercipta ketika dia memblok bola yang dihalau Craig Cathcart, kemudian menyungkil bola melewati Ben Foster. Gol tersebut tercipta sangat cepat, sehingga membuat para penonton terkesima. 

Jika rekor King bertahan selama 19 tahun, berapa lama rekor ini bakal dipecahkan lagi?

 

Sumber: Bola.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.