Sukses

Di Ambang Juara La Liga, Barcelona Enggan Bergantung pada Atletico

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde menganggap kemenangan lawan Deportivo Alaves bukan penenti, meski tambahan tiga poin penting bagi timnya.

Liputan6.com, Jakarta Barcelona di ambang juara La Liga musim ini setelah kembali memetik kemenangan atas Alaves, Rabu dini hari WIB (24/4/2019). Secara matematika tim asal Catalunya tersebut berpeluang mengunci gelar pemuncak klasemen tanpa harus menunggu laga berikutnya. 

Bertandang ke markas Deportivo Alaves, Barcelona menang 2-0 berkat gol Carles Arena dan Luis Suarez. Tambahan tiga poin membuat La Blaugrana semakin jauh memimpin dari rival terdekat Atletico Madrid. Saat ini, Barcelona mengoleksi 80 poin dari 34 pertandingan. 

Kedua tim kini terpaut 12 poin. Bila Atletico Madrid kalah dari Valencia pada pertandingan Kamis dini hari nanti, Barcelona dipastikan tidak terkejar lagi di puncak klasemen La Liga. 

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, menyadari hal ini. Namun menurut Valverde, kemenangan yang diraih pasukannya atas Alaves tidak jauh berbeda dengan laga-laga lain. 

"Ini bukan tiga poin yang menentukan, tapi ini penting," kata Valverde dilansir Marca. 

"Ini yang sudah pasti, kami hanya butuh satu kemenangan lagi, kita lihat saja apa yang terjadi dengan Atletico (Madrid)," beber Valverde menambahkan. 

Bila Atletico Madrid menang atau seri melawan Valencia, Barcelona masih punya kesempatan untuk mengunci gelar pekan ini dengan mengalahkan Levante, Minggu (28/4/2019).

"Tidak penting kapan kami menang selama kami berhasil memenangkannya. Karena memenangkan gelar itu sulit," kata Valverde. "Apa yang terjadi, terjadilah. Jika Anda menanyakan saya di awal Juli lalu, pelatih manapun akan menghadapi situasi ini."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Atletico Tidak Menyerah

Menurut Valverde, percuma bergantung kepada hasil pertandingan Atletico Madrid vs Valencia. Sebab, pasukan Diego Simeone bakal berjuang hingga pertandingan terakhir.

"Itu DNA mereka," kata Valverde.  

 

3 dari 3 halaman

Simpan Pemain

Sementara itu, Valverde sempat menyimpan kekuatan pada babak pertama melawan Alaves. Lionel Messi yang menjadi andalan selama ini bahkan baru masuk pada menit ke-61. Tanpa kehadiran La Pulga, Barcelona sempat kewalahan menjebol pertahanan tuan rumah.  

"Di akhir, mereka bertahan dengan baik," kata Valverde.

"Mereka tampak mengejutkan kami saat kehilangan bola. Kami punya dua kesempatan di awal dan lalu itu menjadi masalah kesabaran," beber Valverde. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.