Sukses

Lalu Muhammad Zohri Diharapkan Bisa Tembus 9 Detik

Lalu Muhammad Zohri baru saja mencatat rekor manusia tercepat Indonesia dan ASEAN. Kini dia diharapkan mampu menembus waktu sembilan detik.

Liputan6.com, Jakarta - Lalu Muhammad Zohri memanggul ekspektasi tinggi. Setelah memperbaiki rekor manusia tercepat di ASEAN, dia diharapan menjadi atlet Indonesia pertama yang mencatat waktu sembilan detik pada nomor 100 meter.

"Itu harapan kami ke Zohri. Namun, prosesnya harus sesuai dengan tahapan usianya," kata mantan sprinter nasional Suryo Agung Wibowo, dilansir Antara.

Lalu Muhammad Zohri memperbarui rekor nasional (rekornas) dan Asia Tenggara untuk nomor 100 meter lewat torehan 10,13 detik pada Kejuaraan Atletik Asia 2019 di Doha, Qatar. Untuk rekornas, dia menggeser Suryo Agung Wibowo yang membukukan 10,17 detik.

Atas prestasi tersebut, Suryo Agung Wibowo berharap Zohri mendapat motivasi tambahan menghadapi kejuaraan yang levelnya lebih tinggi, di antaranya kejuaraan dunia hingga Olimpiade 2020 Tokyo Jepang.

Namun, pria yang saat ini menjadi PNS di Kementerian Pemuda dan Olahraga itu meminta proses persiapannya Zohri jauh lebih matang. Apalagi potensi yang dimiliki Lalu Muhammad Zohri untuk menembus sembilan detik cukup terbuka.

"Semoga harapan kami itu bisa terealisasi," kata pria kelahiran Surakarta, 8 September 1983 itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Memiliki Kelemahan

Meski prestasinya terus menanjak, bukan berarti Lalu Muhammad Zohri tanpa kendala. Pelatih lari jarak pendek PB PASI Eni Nuraeni sebelumnya menjelaskan jika atlet berusia 19 tahun ini masih masalah untuk start.

"Asal kelemahannya, khususnya di start bisa diperbaiki, Zohri pasti bisa menembus jajaran atlet dengan waktu di bawah 10 detik. Saya biarkan latihannya mengalir saja, tidak ditekan," kata Eni.

3 dari 3 halaman

Rekor Asia dan Dunia

Rekor 100 meter untuk Asia tercatat atas nama Femi Ogunode (Qatar) dan Su Bingtian (Tiongkok). Keduanya sama-sama menorehkan 9,91 detik. Sedangkan rekor dunia dimiliki Usain Bolt dengan waktu 9,58 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.