Sukses

Kertas Sontekan Pemain MU Jatuh ke Tangan Ter-Stegen

Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer mengirim pesan berantai kepada pemainnya saat bertandang ke markas Barcelona di Camp Nou, pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Kekalahan Manchester United (MU) atas Barcelona pekan lalu tidak hanya menyisakan cerita kegagalan Setan Merah di Liga Champions 2018/19. Lewat laga ini juga terungkap trik yang dipakai pelatih MU, Ole Gunnar Solskjaer dalam berkomunikasi dengan para pemainnya. 

Bertandang ke markas Barcelona di Camp Nou memang bukan perjalanan yang mudah bagi MU. Apalagi sebelumnya, Setan Merah sempat kalah 0-1 saat tampil di Old Trafford, pada leg pertama babak perempat final Liga Champions 2018/19. Tidak ada cara lain untuk bisa melaju ke babak semifinal selain mengalahkan Lionel Messi cs di depan publiknya sendiri. 

Namun Barca terlalu tangguh bagi MU. Di babak pertama, tim asal Catalunya tersebut sudah unggul 2-0 lewat gol Lionel Messi pada menit ke-16 dan 20. MU tertinggal agregat 3-0. 

Pada babak kedua, manajer MU, Ole Solskjaer berniat mengubah strategi timnya. Pelatih asal Norwegia tersebut lalu meminta staf pelatih, Kieran McKenna menuliskannya di kertas lalu memberikannya kepada Marcus Rashford agar disampaikan kepada teman-temannya.

Aksi ini sempat luput dari pantauan kamera televisi. Namun belakangan, stasiun televisi Spanyol Gol merilis rekaman yang memperlihatkan kegiatan tersebut. Belakangan, kertas sontekan tersebut tanpa sengaja jatuh ke tangan kiper lawan, André Ter Stegen. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jatuh ke Tangan Lawan

Dalam rekaman tersebut, tampak Solskjaer memberikan kertas kecil kepada Rashford. Pemain asal Inggris itu lalu berteriak kepada teman-temannya untuk menyampaikan informasi yang baru didapatnya. Kertas itu masih dalam genggamannya sampai akhirnya terjatuh ke rumput usai bertabrakan dengan pemain belakang Barcelona, Gerrard Pique.

André  Ter Stegen kemudian memungutnya dan menyempatkan waktu untuk membaca isinya. Menurut laporan Gol, kertas sontekan itu ternyata berisi isntruksi perubahan formasi dari 4-3-1-2 ke 4-2-2, lengkap dengan nama masing-masing pemain di setiap posisi.

Sayang, perubahan ini tidak berpengaruh banyak. MU tetap kalah 0-3 setelah Philippe Coutinho kembali menjebol gawang David de Gea pada menit ke-61. Kemenangan ini sekaligus memastikan langkah Barcelona ke babak semifinal Liga Champions 2018/19. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris