Manchester City Kembali Bekuk Tottenham untuk Puncaki Liga Inggris

Oleh Harley.Ikhsan pada 20 Apr 2019, 20:25 WIB
Phil Foden

Liputan6.com, Manchester - Manchester City kembali menaklukkan Tottenham Hotspur dalam hitungan empat hari. The Citizens berjaya 1-0 berkat gol Phil Foden ('5) pada lanjutan Liga Inggris di Etihad Stadium, Sabtu (20/4/2019). 

Anak asuh Pep Guardiola sebelumnya juga menang 4-3 pada leg kedua perempat final Liga Champions di tempat sama, Rabu (17/4/2019). Namun, hasil itu terasa hambar karena Manchester City kalah peraturan gol tandang sehingga tersingkir dari kompetisi. 

Kemenangan di Liga Inggris setidaknya mengobati luka Sergio Aguero dan kawan-kawan. Manchester City kini mengoleksi 86 angka dari 34 pertandingan, unggul satu nilai atas Liverpool yang baru bertanding melawan Cardiff City esok. 

Di sisi lain, kekalahan membuat posisi Tottenham di empat besar klasemen terancam. Spurs tertahan di perolehan 67 angka dan berpotensi disalip Arsenal (66) dan Chelsea (66) serta disamai Manchester United (64). 

Kedua tim kembali beraksi pada pertengahan pekan. Manchester City meladeni Manchester United, Rabu (24/4/2019), dengan Tottenham bertemu Brighton & Hove Albion sehari sebelumnya. 

2 of 3

Jalan Pertandingan

Raheem Sterling
Bek Tottenham Hotspur Juan Foyth (kiri) meredam winger Manchester City Raheem Sterling pada lanjutan Liga Inggris di Etihad Stadium, Sabtu (20/4/2019). (AFP/Lindsey Parnaby)

Seperti duel kedua klub di Liga Champions beberapa hari sebelumnya, gol cepat hadir pada pertandingan ini. Adalah Foden yang mencatatkan nama di papan skor memaksimalkan umpan Aguero.

Namun, tidak seperti laga yang berkesudahan 4-3 bagi Manchester City itu, Tottenham gagal mencetak gol di babak pertama. Kiper tuan rumah Ederson sukses meredam tendangan Christian Eriksen. Ederson juga menghentikan laju Son Heung-min jelang jeda.

The Citizens urung memperbesar keunggulan melalui Bernardo Silva, Kevin De Bruyne, dan Kyle Walker. Yang ada tuan rumah dipusingkan cedera lutut De Bruyne yang memaksanya meninggalkan pertandingan. Masuk sebagai pengganti Fernandinho.

Manchester City terus menekan selepas istirahat. Tapi, hilangnya De Bruyne mengurangi kreativitas serangan. Tuan rumah cenderung mengandalkan kecepatan Raheem Sterling dan kemudian Leroy Sane yang menggantikan Aguero. Salah satunya berupa peluang Sterling yang memaksa penjaga gawang Spurs Paulo Gazzaniga memperlihatkan kesigapannya. 

Pada saat bersamaan, pertahanan The Citizens kesulitan meredam bola panjang Tottenham. Namun, tuan rumah sukses mengatasi tekanan untuk membawa pulang tiga angka. 

3 of 3

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson, Walker, Stones, Laporte, Zinchenko, De Bruyne (Fernandinho 38), Gundogan, Foden (Silva 85), Bernardo Silva, Aguero (Sane 66), Sterling

Tottenham Hotspur: Gazzaniga, Alderweireld (Llorente 78), Sanchez, Vertonghen, Foyth, Alli (Rose 69), Dier (Wanyama 61), Davies, Eriksen, Son, Lucas Moura

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by