3 Pemain Ini Bisa Jadi Pembeda di Semifinal Liga Champions

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 20 Apr 2019, 20:00 WIB
Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta Babak perempat final Liga Champions telah berakhir. Hasilnya, dua tim favorit dan 2 klub kejutan sudah memastikan tempat di semifinal. Keempat tim itu adalah Barcelona, Liverpool, Tottenham Hotspur dan Ajax Amsterdam.

Liverpool, yang dijagokan dalam turnamen ini, sepertinya masih terlalu kuat bagi FC Porto. Pada laga perempat final, FC Porto dinilai sangat membutuhkan keajaiban untuk mengalahkan salah satu tim paling menakutkan di Eropa.

Dan, seperti harapan The Reds - julukan lain- Liverpool menang agregat 6-1, dan berhak maju ke semifinal Liga Champions.

Barcelona sempat "diragukan" saat bertemu Manchester United, meski mereka tetap difavoritkan pada laga itu. Tapi, akhirnya mereka menang di Old Trafford dan membawa pulang keunggulan satu gol.

Di Camp Nou, tim Catalan yang dipimpin Lionel Messi berhasil menghancurkan MU dengan angka meyakinkan 3-0.

Ajax dan Tottenham benar-benar mengejutkan bisa lolos ke semifinal. Mereka sukses mengalahkan dua tim favorit Juventus dan Manchester City masing-masing dan dengan cara yang luar biasa.

Kini, keempat tim akan berusaha lagi menampilkan performa luar biasa untuk mencoba memenangkan Liga Champions. Dari tim-tim itu, setidaknya ada 3 pemain yang benar-benar dapat memmbuktikan diri jadi pembeda atau pengubah permainan.

2 of 4

Virgil van Dijk

Liverpool Vs Bournemouth
Bek Liverpool, Virgil van Dijk, saat melawan AFC Bournemouth pada laga Premier League di Stadion Anfield, Sabtu (9/2). Liverpool menang 3-0 atas AFC Bournemouth. (AP/Rui Vieira)

Virgil van Dijk telah menjadi sensasi musim ini, dan ia adalah bagian terakhir dari teka-teki jigsaw untuk mengubah Liverpool dari penantang gelar menjadi tim pemenang yang layak.

Statistik menunjukkan bahwa penampilan pemain asal Belanda itu, sudah mulai meningkat. Tapi, sekarang dia akan menghadapi pemain yang mungkin terhebat sepanjang masa, Lionel Messi.

Messi beroperasi di posisi gelandang serang dan lebih mengarah ke sisi kanan lapangan, dan di situlah biasanya van Dijk membela timnya - di posisi bek tengah kiri.

Tidak ada keraguan keduanya akan head to head di kedua kaki, dan jika van Dijk berhasil menetralisir Messi, Liverpool memiliki peluang besar untuk mengalahkan Barcelona dan mungkin memenangkan Liga Champions.

3 of 4

Matthijs de Ligt

Matthijs de Ligt
Matthijs de Ligt (OLAF KRAAK / ANP / AFP)

Tidak banyak yang memahami pentingnya kapten Ajax yang berusia 19 tahun memimpin timnya dari belakang. Matthijs de Ligt kini berada di 3 pemain bertahan teratas di Eropa musim ini.

Lawan yang akan dihadapi Ajax adalah Tottenham, yang dipastikan tanpa Son dan Kane di leg pertama. Dan, situasi itu membuat De Ligt bisa memberi ruang bernapas.

Kemitraan De Ligt dengan Daley Blind di belakang telah membuatnya menjadi pemain yang luar biasa pada usia 19 tahun. Dan, ketika Ajax berada pada titik dimana mereka telah melampaui harapan, bek tengah Belanda dapat bermain pada yang terbaik ekspresifnya melawan Spurs.

4 of 4

Lionel Messi

Barcelona Vs Manchester United
Striker Barcelona, Lionel Messi, melakukan selebrasi usai membobol gawang Manchester United pada laga Liga Champions 2019 di Stadion Camp Nou, Selasa (16/4). Barcelona menang 3-0 atas Manchester United. (AP/Manu Fernandez)

Nama ini bukan lagi kejutan di tempat pertama dalam daftar. Lionel Messi boleh dibilang salah satu pemain terbaik dunia saat ini.

Messi masih menjadi pemain terkuat dalam kompetisi ini. Bahkan, jika Barcelona belum memainkan sepakbola terbaik mereka musim ini, Messi telah menjadi kelas yang terpisah.

Messi akan terbukti jadi pemain penting melawan Liverpool. Di Camp Nou, mungkin tidak ada seorang pun yang bisa menghentikannya untuk memenangkan pertandingan.

Jadi, jelas untuk mengatakan bahwa jika Messi muncul dengan penampilan seperti melawan United di kandang, Liverpool akan menghadapi pertandingan yang sangat sulit.

Satu fakta yang membuatnya lebih efisien di lapangan adalah bahwa ia beroperasi hampir di semua lini, yang membuatnya menjadi pemain serba bisa.

Lanjutkan Membaca ↓
Pesan Singkat Presiden Jokowi untuk Menpora yang Baru