7 Fakta Menarik Porto vs Liverpool: Ganasnya Bomber The Reds

Oleh Liputan6.com pada 18 Apr 2019, 08:40 WIB
Liverpool Melangkah ke Semifinal

Liputan6.com, Porto- Tiga penyerang Liverpool yaitu Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino berhasil mengantarkan Liverpool kembali ke semifinal Liga Champions. Ketiganya sukses mencetak gol yang membuat timnya mengalahkan Porto dengan skor telak 4-1.

Sebagai informasi, Liverpool sukses meraih kemenangan pada leg pertama dengan skor 2-0, dan membuat agregat menjadi 6-1. Di leg kedua ini, gemuruh pendukung Porto tak sanggup untuk menahan Sadio Mane mencetak gol pada menit ke-26.

Keunggulan Liverpool lalu bertambah setelah Mohamed Salah mencetak gol di menit ke-65, yang kemudian dibalas dengan cepat oleh Eder Militao. Roberto Firmino serta bek The Reds, Virgil van Dijk, lalu mengandaskan perjuangan Porto dengan golnya di menit ke-77 dan 84.

Dengan tiga golnya, trio bomber Liverpool itupun berhasil menuliskan catatannya sendiri dalam sejarah panjang klub yang bermarkas di Stadion Anfield itu.

 

2 of 3

Fakta Menarik

Liverpool Melangkah ke Semifinal
Aksi terbang penyerang Liverpool, Firminho pada leg kedua babak perempat final Liga Champions yang berlangsung di Stadion do Dragao, Porto, Kamis (17/4). Liverpool menang 4-1 atas Porto. (AFP/Paul Ellis)

1. Hanya Steven Gerrard (21) yang telah mencetak gol lebih banyak di ajang European Cup/Liga Champions untuk Liverpool ketimbang Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah, yang semuanya naik menyamai catatan Ian Rush (14 gol).

2. Liverpool menjadi tim Inggris pertama yang berhasil mencapai semi-final Liga Champions secara berturut-turut setelah Chelsea dan Manchester United, yang melakukannya dalam tiga musim antara 2006-2007 dan 2008-2009.

3. Liverpool belum terkalahkan dalam empat lawatan ke markas Porto di kompetisi Eropa (menang dua, imbang dua); menyamai catatan lawatan tanpa kekalahan mereka di ajang Eropa melawan Barcelona.

4. Tiap dari 18 gol yang telah Liverpool cetak di Liga Champions, serta 15 gol keboblolan Porto pada kompetisi tersebut musim ini, lahir di dalam kotak penalti.

3 of 3

Lanjutan

Liverpool Melangkah ke Semifinal
Penyerang Liverpool, Dovick Origi berduel dengan Eder Militao pada leg kedua babak perempat final Liga Champions yang berlangsung di Stadion do Dragao, Porto, Kamis (17/4). Liverpool menang 4-1 atas Porto. (AFP/Miguel Riopa)

5. Bersama dengan Benfica, Porto telah tersingkir dari enam duel melawan tim Inggris di fase gugur European Cup/Liga Champions, lebih banyak dari tim lainnya (kecuali final).

6. Porto telah tersingkir enam kali dari tujuh penampilan di babak perempat final European Cup/Liga Champions, termasuk tiga yang terakhir pada musim 2008-2009 (lawan Man United), 2014-2015 (Bayern Munchen), dan 2018-2019 (Liverpool).

7. Pemain Porto, Moussa Marega, telah melepaskan 10 tembakan di setiap laga perempat final melawan Liverpool tanpa mencetak gol. Catatan ini tercipta setelah ia mencetak gol dalam enam penampilan berturut-turut di Liga Champions sebelum leg pertama.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓