6 Anggota Skuat Liverpool yang Wajib Tinggalkan Anfield Musim Panas Ini

Oleh Ario Yosia pada 18 Apr 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 18 Apr 2019, 07:17 WIB
FOTO: Tekuk Fulham, Liverpool Puncaki Klasemen Liga Inggris

Jakarta - ​Liverpool sukses menjadi calon juara Premier League 2018/2019. Meski menunjukkan kualitas, klub Merseyside itu harus mempersiapkan diri untuk kampanye musim depan.

Keberuntungan sepertinya memang tengah menaungi ​Liverpool musim ini, skuat asuhan Jurgen Klopp sukses tampil konsisten dan kini berada kokoh di puncak klasemen sementara ​Premier League. 

Namun ternyata setidaknya ada enam pemain yang harus mempertimbangkan untuk segera meninggalkan Anfield. Entah karena mereka jarang dimainkan, karier stagnan atau memerlukan tantangan baru.

Berikut adalah enam pemain yang perlu meninggalkan Liverpool seperti yang disarikan situs 90min:

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 of 7

James Milner

Liverpool Bungkam Porto
Striker Porto, Jesus Corona berebut bola dengan pemain tengah Liverpool, James Milner dalam leg pertama perempat final Liga Champions di Stadion Anfield, Rabu (10/4/2019). Liverpool mengantongi modal untuk melangkah ke semifinal Liga Champions setelah meraih kemenangan 2-0. (Paul ELLIS / AFP)

James Milner didatangkan dari ​Manchester City di tahun 2015 dengan status free transfer, sempat menjadi pilihan utama di awal, saat ini Milner lebih banyak memulai laga dari bangku cadangan.

Di musim 2018-2019, pemain asal Inggris itu bahkan baru 11 kali tampil penuh selama 90 menit. 

Meski masih sering dipercaya untuk menjadi pelapis Andrew Robertson di sisi kiri pertahanan ​The Reds, nampaknya akhir musim ini menjadi saat yang tepat bagi Milner untuk hengkang, terlebih usianya juga sudah menginjak 33 tahun dan sampai saat ini masih belum mendapatkan tawaran perpanjangan kontrak dari pihak klub.

 

3 of 7

Alberto Moreno

Liverpool Vs Porto Imbang Tanpa Gol
Bek Liverpool, Alberto Moreno berebut bola dengan striker FC Porto Vincent Aboubakar pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Anfield, Selasa (6/3). Liverpool lolos ke perempatfinal berbekal kemenangan 5-0 secara agregat. (PAUL ELLIS/AFP)

Alberto Moreno dibeli dari Sevilla di tahun 2014, sempat menjadi pilihan utama Jurgen Klopp di posisi bek kiri, nasibnya di Anfield berubah drastis pasca kedatangan Andrew Robertson dari Hull City pada musim panas 2017.

Sampai saat ini, Moreno benar-benar kesulitan untuk kembali merebut satu posisi di lini pertahanan, bahkan pemain asal Spanyol itu juga baru dipercaya kala timnya bermain di FA Cup atau League Cup, sayang​ The Reds kemudian tersingkir di babak awal.

Sama dengan Milner, sampai saat ini Moreno juga masih belum mendapatkan tawaran kontrak baru dan berpeluang dilepas secara gratis di akhir musim 2018-2019.

4 of 7

Daniel Sturridge

Liverpool Selangkah Lagi ke Semifinal
Aksi Daniel Sturridge pada leg 1, babak perempat final Liga Champions yang berlangsung di Stadion Anfield, Liverpool, Rabu (10/4). Liverpool menang 2-0 atas Porto (AFP/Glyn Kirk)

Minimnya kesempatan bermain yang didapatkan Daniel Sturridge sempat membuat pemain asal Inggris itu memilih untuk menjalani masa peminjaman bersama West Bromwich Albion, namun kemudian​ Liverpool memilih untuk memulangkannya di awal musim 2018-2019.

Sayang, meski diminta kembali ke Anfield, hal tersebut tak lantas membuat Sturridge langsung menjadi pilihan utama. 

Pemain yang sempat membela ​Chelsea dan ​Manchester City itu kesulitan bersaing dan lebih sering memulai laga dari bangku cadangan, mengingat lini depan tim sudah diisi trisula maut Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah yang terus tampil konsisten.

Meninggalkan Anfield nampaknya harus segera dilakukan Sturridge, terlebih​ Liverpool juga berpotensi untuk mendatangkan penyerang anyar di musim panas nanti.

 

 

5 of 7

Xherdan Shaqiri

Liverpool Vs Wolverhampton Wanderers
Gelandang Liverpool, Xherdan Shaqiri, mengontrol bola saat melawan Wolverhampton Wanderers pada laga Piala FA di Stadion Molineux, Senin (7/1). Liverpool takluk 1-2 dari Wolverhampton Wanderers. (AP/Rui Vieira)

Xherdan Shaqiri memang baru menjalani tahun pertamanya bersama ​Liverpool, pemain asal Swiss itu didatangkan dari Stoke City di musim panas 2018 dengan nilai transfer yang diperkirakan mencapai 13 juta poundsterling.

Sempat menjadi pilihan utama dan bahkan beberapa kali memastikan kemenangan timnya, nasib Shaqiri di Anfield menjadi tak menentu seiring dengan terus konsistennya penampilan Sadio Mane, Roberto Firmino dan Mohamed Salah yang sampai saat ini sudah mencetak total 58 gol di seluruh kompetisi.

Sebagai tambahan informasi, eks pemain ​Bayern Munchen itu juga baru tampil penuh selama 90 menit dalam empat pertandingan Premier League.

Hal ini jelas semakin membuat Shaqiri harus segera angkat kaki dari Anfield, terlebih dirinya juga masih menarik minat beberapa klub lain seperti Real Betis atau Galatasaray.

6 of 7

Dejan Lovren

Liverpool Bungkam Porto
Duel udara bek Liverpool, Dejan Lovren dan pemain Porto, Felipe dalam leg pertama perempat final Liga Champions di Stadion Anfield, Rabu (10/4/2019). Liverpool mengantongi modal untuk melangkah ke semifinal Liga Champions setelah meraih kemenangan 2-0. (Paul ELLIS / AFP)

Dejan Lovren memutuskan bergabung dengan ​Liverpool pada tahun 2014, saat itu dia didatangkan dari Southampton dengan nilai transfer yang diperkirakan mencapai 22 juta poundsterling.

Sempat menjadi pilihan utama hingga musim 2017-2018, kini memasuki musim 2018-2019, pemain asal Kroasia itu lebih banyak memulai laga dari bangku cadangan dan bahkan baru tampil dalam 11 laga ​Premier League.

Sempat dibekap cedera dan absen dalam waktu yang lama, sektor bek tengah The Reds sama sekali tidak kerepotan, Klopp masih bisa menduetkan Virgil van Dijk dengan Joel Matip. Sementara di bangku cadangan, The Reds juga masih memiliki Joe Gomez.

Lovren pun nampaknya takkan sulit mencari klub anyar jika akhirnya memutuskan hengkang, kabar terakhir menyebutkan jika dirinya masuk dalam radar transfer tiga klub top​ Serie A, yakni ​AC Milan, AS Roma dan ​Inter.

7 of 7

Simon Mignolet

simon mignolet
Kiper Liverpool Simon Mignolet tampil pada laga melawan Chelsea di Stamford Bridge, London, 16 September 2016. (AFP/Adrian Dennis)

Simon Mignolet sepertinya menjadi pemain yang harus segera hengkang di musim panas 2019, perannya di bawah mistar gawang ​Liverpool mulai usai setelah pihak klub memutuskan untuk mendatangkan Loris Karius di tahun 2016.

Penampilan buruk Karius di musim 2017-2018 kemudian membuat ​The Reds memilih untuk memecahkan rekor transfer untuk mendatangkan Alisson Becker dari AS Roma di musim panas 2018.

Kedatangan Alisson bukan hanya membuat Karius harus rela menjalani masa peminjaman bersama Besiktas, kiper asal Brasil itu juga membuat masa depan Mignolet di Anfield kian tak menentu. Tercatat pemain berusia 31 tahun itu juga baru dua kali mengawal gawang timnya, yakni kala mereka berlaga di League Cup dan FA Cup.

 

Sumber: Bola.com

Lanjutkan Membaca ↓
Kalahkan Wakil Vietnam, Aldila Sutjiadi Raih Emas Tenis Tunggal Putri SEA Games 2019