Ikut Pemilu di Pematang Siantar, Gelandang Persija Rela Beli Tiket Pesawat Mahal

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 17 Apr 2019, 09:10 WIB
Diperbarui 19 Apr 2019, 07:13 WIB
Gelandang Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, berebut bola dengan bek Becamex Binh Duong FC, Ho Tan Tai, pada laga Piala AFC. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Jakarta - Harga tinggi tiket pesawat terbang tidak menyurutkan niat gelandang Persija Jakarta Riko Simanjuntak untuk mengikuti pemilihan umum (pemilu) 2019 di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Dia rela merogok kocek demi memenuhi hak menggunakan suara. 

Persija meliburkan latihan selama dua hari pada 16-17 April 2019 untuk memberikan kesempatan kepada pemainnya nyoblos dalam pemilu,  Rabu (17/4/2019).

Melihat aplikasi perpesanan tiket pesawat daring, harga penerbangan ke Medan saat mencapai Rp2,6 juta untuk pemberangkatan Selasa (16/4/2019) dan Rp2 juta untuk keesokan harinya.

Media Officer Persija, Eko Romeo Yudiono kepada Bola.com mengatakan, Riko akan memakai hak pilihnya di Pematang Siantar. Saat ini, pemain berusia 26 tahun itu tengah menanti keberangkatan via pesawat menuju Medan, Sumatera Utara.

"Ini saya sedang di Bandara Soekarno-Hatta, mengejar pesawat ke Medan. Sebab saya ingin berpartisispasi dalam Pilpres," ujar Riko Simanjuntak, seperti disampaikan oleh Eko kepada Bola.com.

"Meski tiket pesawat mahal, saya tidak peduli. Sebab pemilu adalah pesta demokrasi lima tahun sekali," kata Riko. 

Sementara itu, Manajer Persija, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Ardhi Tjahjoko tidak mengetahui secara pasti pemain yang meninggalkan ibu kota untuk menggunakan hak suara di daerah asalnya.

"Saya tidak memonitor. Yang pasti, ada yang pulang (ke kampung halamannya), ada yang di Jakarta," tutur Ardhi kepada Bola.com.

 

Sumber: Bola.com