Jadi Vegetarian, Bek MU Terpaksa Kompromi dengan Sejumlah Pantangan

Oleh Aning Jati pada 16 Apr 2019, 21:00 WIB
Diperbarui 16 Apr 2019, 22:16 WIB
Chris Smalling

Jakarta - Bek Manchester United (MU), Chris Smalling menjadi vegetarian sejak 2017 lalu. Namun demi profesi sebagai pemain profesional, dia terpaksa berkompromi dengan beberapa pantangan vegan.

Sejak 2017, Chris Smalling jadi vegetarian penuh. Ia sama sekali tak mengonsumsi daging merah, ayam, ikan, dan telur. Smalling menuturkan gaya hidup vegan ini sangat membantunya dalam proses penyembuhan cedera tendon di lututnya.

Sebagai vegan, ia juga tak senang mengenakan sepatu sepak bola dari kulit, atau bahkan memainkan bola dari kulit. Namun dalam kesehariannya ia terpaksa harus kompromi terhadap beberapa hal yang bertentangan dengan kebiasaannya, terutama berkaitan dengan sepak bola.

"Saya sudah berhenti membeli produk kulit. Tapi, saya masih harus menendang bola yang terbuat dari kulit, cuma, itu bukan pilihan saya," ujarnya.

"Suatu saat nanti, mungkin ada opsi lain. Nike sedang mengerjakan pembuatan sepatu yang bukan dari kulit," lanjut pemain 29 tahun itu.

Tak berhenti sampai di situ, Smalling dan istrinya, Sam, bekerja sama dalam penulisan sebuah buku tentang gaya hidup vegan keduanya termasuk di dalamnya mengungkap program menu yang biasa mereka santap, resep-resep masakan vegan. Buku ini baru akan terbit dalam tahun ini.

Chris Smalling juga mengungkap, di markas Manchester United (MU) di Carrington, ada sajian makanan vegan yang jadi hit. Menu itu adalah baso vegan.

"Rupanya ada banyak juga yang vegan di markas tim. Sementara yang tidak vegan, banyak juga yang suka makan khusus vegan, seperti baso vegan dan semacamnya," ucapnya.

2 of 2

Hal Positif

Kapten Manchester United
5. Chris Smalling – Bek asal Inggris ini merupakan pemain terlama di Old Trafford setelah Antonio Valencia. Jam terbang pemain berusia 29 tahun itu bersama Manchester United bisa menjadi pertimbangan untuk memimpin pasukan Setan Merah. (AFP/Glyn Kirk)

Pemain internasional Inggris ini membeberkan ia memiliki banyak perubahan positif dengan jadi vegetarian.

"Saya terbiasa bermain dua kali dalam seminggu, pada hari kedua setelah pertandingan, saya bisanya capek. Tapi, setelah saya jadi vegan, saya pulih dengan cepat," tuturnya.

"Pemijat saya juga bilang otot-otot saya juga pulih dengan lebih baik. Saya jadi dapat banyak pertanyaan dari teman-teman satu tim tentang itu," imbuhnya.

Dampaknya, Chris Smalling mengatakan ada beberapa dari mereka yang kini mengurangi porsi makan daging serta hanya mengonsumi ikan. Beberapa di antaranya juga mulai membaca bagaimana jadi seorang vegan.

"Di sesi makan siang, sekarang menu vegetarian cepat lebih habis ketimbang ayam. Ada banyak sumber protein buat vegan, ada tahu, buncis, tempe, biji-bijian, dan kacang panjang," ucapnya.

Sumber: Mirror/Bola.com

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Highlights Semifinal SEA Games 2019, Myanmar Vs Timnas Indonesia 2-4