Legenda MU Kecam Wasit yang Berikan Penalti ke City

Oleh Liputan6.com pada 10 Apr 2019, 20:15 WIB
Diperbarui 10 Apr 2019, 20:15 WIB
Tottenham Hotspur Vs Manchester City
Perbesar
Kiper Tottenham Hotspur, Hugo Lloris, menghalau bola tendangan penalti striker Manchester City, Sergio Aguero, pada laga Liga Champions di Stadion Tottenham Hotspur, Selasa (9/4). Tottenham menang 1-0 atas City. (AP/Adam Davy)

Liputan6.com, London - Mantan pemain Manchester United, Rio Ferdinand begitu yakin bahwa hadiah penalti yang didapatkan Manchester City ketika melawan Tottenham Hotspur (0-1) pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018/19, Kamis (10/4) dini hari WIB tadi seharusnya tidak terjadi. Ferdinand yakin wasit telah membuat kesalahan.

Insiden ini berawal dari tembakan Raheem Sterling yang membentur lengah Danny Rose, bek Tottenham. Saat itu, Rose yang berusaha memblok bola justru menyebabkan bola menyentuh lengannya.

Para pemain Man City sebenarnya tidak meminta penalti, tetapi wasit memutuskan melihat VAR dan menghadiahkan penalti pada Man City.

Keputusan wasit patut dipertanyakan. Beruntung bagi Spurs, Sergio Aguero gagal menuntaskan tugasnya karena penyelamatan apik Hugo Lloris. Laga berlanjut, dan pada akhirnya Tottenham yang jadi pemenang.

Ferdinand yakin wasit telah membuat kesalahan besar pada laga tersebut.

 

2 dari 2 halaman

Komentar Ferdinand

Manchester City, Tottenham Hotspur, Premier League
Perbesar
Pemain Manchester City, Sergio Aguero (tengah) berusha keluar dari kepungan pemain Tottenham pada lanjutan Premier League di Etihad Stadium, Manchester, (16/12/2017). Manchester City menang 4-1. (AP/Rui Vieira)

Menurut Ferdinand, handsball Danny Rose itu jelas tidak sengaja dan seharusnya tidak berbuah penalti. Rose berusaha memblok bola dengan menjatuhkan diri, wajar jika tangannya sedikit terangkat ke atas.

Sebab itu, Ferdinand yakin pengadil pertandingan memerlukan bantuan mantan pemain untuk memahami bagaimana situasi yang mereka hadapi di lapangan.

"Anda memperlukan orang-orang di kotak itu [VAR] yang pernah bermain. Orang-orang itu tidak memahami sepak bola!" tegas Ferdinand kepada Express.

"Anda memerlukan orang-orang yang memahami sepak bola jika mau membuat keputusan seperti ini. Bagi saya, itu jelas tekel bersih, itu bukan penalti."

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓