Sukses

Liga Champions: Data dan Fakta Tottenham Hotspur vs Manchester City

Tottenham Hotspur akan menjamu Manchester City pada leg pertama babak perempat final Liga Champions 2018/19.

Liputan6.com, Jakarta Tottenham Hotspur bakal menjamu Manchester City pada leg pertama babak perempat final Liga Champions 2018/19, Rabu (10/4/2019). Sederet data dan fakta menarik mewarnai pertemuan dua wakil Inggris di Tottenham Hotspur Stadium nanti. Apa saja? 

Tottenham dan Manchester City sebelumnya tak pernah berjumpa di kompetisi Eropa. Ini akan menjadi pertemuan perdana mereka di panggung kontinental.

Ini akan menjadi pertandingan Eropa pertama Tottenham di stadion baru mereka. Empat laga kandang pertama Tottenham di Liga Champions musim ini dimainkan di Wembley.

Musim ini, Tottenham dan Manchester City sudah bertemu sekali di Premier League, ketika Tottenham masih memakai Wembley sebagai stadion kandangnya. City menang 1-0 lewat gol tunggal Riyad Mahrez.

City selalu menang dalam tiga laga terakhirnya melawan Tottenham: 4-1 kandang dan 3-1 tandang di Premier League 2017/18, kemudian menang 1-0 di Wembley musim ini.

Tottenham hanya mencetak dua gol dalam tiga laga terakhir melawan City. Dua gol Tottenham itu semuanya dicetak oleh Christian Eriksen.

Di babak 16 besar, Tottenham menyingkirkan Borussia Dortmund dengan agregat 4-0 (3-0 kandang, 1-0 tandang). Sementara itu, City mengeliminasi Schalke dengan agregat telak 10-2 (3-2 tandang, 7-0 kandang).

Pencetak gol terbanyak Tottenham di Liga Champions musim ini: Harry Kane (5).

Pencetak gol terbanyak City di Liga Champions musim ini: Sergio Aguero (5).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tottenham Hotspur

Rekor Tottenham di babak perempat final European Cup/Liga Champions adalah lolos sekali kali dan tersingkir sekali (M1 K1).

Tottenham menang agregat 4-2 atas Dukla Praha (0-1 tandang, 4-1 kandang) di perempat final musim 1961/62, kemudian disingkirkan Real Madrid dengan agregat 0-5 (0-4 tandang, 0-1 kandang) di perempat final musim 2010/11.

Rekor Tottenham dalam partai dua leg kompetisi Eropa melawan sesama tim Inggris adalah M1 K2. Terakhir, 46 tahun lalu, Tottenham disingkirkan Liverpool di semifinal UEFA Cup 1972/73 lewat gol tandang dalam agregat 2-2 (0-1 tandang, 2-1 kandang).

Penampilan Son Heung-Min berikutnya akan menjadi penampilannya yang ke-50 di kompetisi klub UEFA.

Tottenham kalah empat kali dan hanya menang dua kali dalam tujuh laga terakhirnya di semua kompetisi (M2 S1 K4). Empat kekalahan itu semuanya mereka dapatkan dalam laga-laga tandang.

Tottenham hanya imbang empat kali dalam 47 laga yang sudah mereka mainkan di semua kompetisi musim ini (M29 S4 K14).

Tottenham hanya empat kali clean sheet dalam 15 laga terakhirnya di semua kompetisi.

Skorsing: Tidak ada.

Absen di laga berikutnya jika mendapatkan kartu kuning di laga ini: Toby Alderweireld, Erik Lamela, Son Heung-Min.

 

3 dari 3 halaman

Manchester City

Rekor City di babak perempat final European Cup/Liga Champions adalah lolos sekali dan tersingkir sekali (M1 K1).

City menyingkirkan PSG dengan agregat 3-2 (2-2 tandang, 1-0 kandang) di perempat final musim 2015/16, kemudian dikandaskan Liverpool dengan agregat 1-5 (0-3 tandang, 1-2 kandang) di perempat final musim 2017/18 kemarin.

Sebelum ini, City dua kali bertemu dengan sesama tim Inggris di partai dua leg kompetisi Eropa dan selalu kalah, kebobolan tujuh gol dan hanya mencetak satu gol. Yang pertama adalah melawan Chelsea di semifinal UEFA Cup Winners' Cup 1971 (0-1 tandang, 0-1 kandang). Yang kedua adalah melawan Liverpool di perempat final Liga Champions musim lalu (0-3 tandang, 1-2 kandang).

City memenangi tujuh dari 13 laga terakhirnya di kompetisi Eropa, kandang dan tandang (M7 S1 K5).

City menang empat kali dan hanya kalah sekali dalam enam laga tandang terakhirnya di kompetisi Eropa (M4 S1 K1). Satu-satunya kekalahan itu mereka dapatkan di Inggris (0-3 melawan Liverpool musim lalu).

City selalu mencetak dua gol atau lebih dan tak terkalahkan dalam empat laga tandang yang sudah mereka mainkan di Liga Champions musim ini: 2-1 vs Hoffenheim, 3-0 vs Shakhtar Donetsk, 2-2 vs Lyon, 3-2 vs Schalke.

City adalah tim tersubur di Liga Champions 2018/19 sejauh ini dengan torehan 26 golnya.

City memenangi 21 dari 23 laga terakhirnya di semua kompetisi (M21 S1 K1), mencetak 72 gol dan hanya kebobolan 11 gol.

City selalu menang dalam enam laga tandang terakhirnya di semua kompetisi.

City mencatatkan tujuh clean sheet dalam sembilan laga terakhirnya di semua kompetisi.

Skorsing: Tidak ada.Absen di laga berikutnya jika mendapatkan kartu kuning di laga ini: Sergio Aguero, Nicolas Otamendi.

Sumber: Bola.net

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.