Sukses

Barcelona vs Atletico, Diego Costa Terancam Sanksi 12 Laga

Diego Costa harus membayar mahal atas ulahnya di Barcelona lawan Atletico Madrid.

Liputan6.com, Jakarta Diego Costa terancam sanksi berat usai diduga menghina ibu wasit Jesus Gil pada pertandingan Barcelona melawan Atletico Madrid pada Minggu (7/4/2019) dini hari WIB lalu. Costa dikartumerah langsung usai memprotes wasit Jesus Gil terlalu keras pada menit ke-28.

Tak hanya memprotes, Diego Costa diketahui juga mencak-mencak di depan muka wasit. Kata-kata yang keluar dari mulut Costa saat itu dinilai sangat tidak pantas. 

Striker asal Spanyol itu juga terlihat menyentuh wasit dan memegangi lengan wasit saat akan mengacungkan kartu kuning ke arah Diego Godin dan Jose Gimenez, sebagain bagian dari insiden kartu merah tersebut.

Atas protes dan kata-kata kasar yang dikeluarkan pada wasit, Costa bisa dihukum dua atau tiga pertandingan. Namun karena di saat bersamaan dia juga memegang lengan wasit ada hukuman lebih berat menanti.

Media Spanyol AS menulis,kalau pemain berdarah Brasil itu bisa dihukum empat sampai 12 pertandingan. Semua akan bergantung pada komite disiplin LaLiga dan wasit Jesus Gil Manzano sudah menulis aksi Diego Costa memegang lengannya ke dalam laporan pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Laporan Jesus Gil Manzano

Dalam laporannya ke pengawas pertandingan, Jesus Gil membenarkan sudah terjadi insiden di babak pertama yang melibatkan dirinya dengan Diego Costa. Costa disebutnya sudah tak sepakat dengan keputusan yang diambilnya.

"Di menit ke-28 pemain nomor 19 Da Silva Costa, Diego, diusir menyusul alasan ini: dia datangi saya dengan suara keras, bila: "saya akan buang air di depan ibu pelacurmu,saya akan buang air di depan ibu pelacurmu!" bunyi laporan Jesus Gil.

Ada kemungkinan dua pasal yang menjerat Costa yaitu pasal 94 dan 117 kode disiplin liga. Jika terjerat pasal 94, Costa bisa disanksi 12 laga.

Sedangkan kalau dijerat pasal 117, Costa hanya akan disanksi dua atau tiga laga. Dua pasal ini untuk satu pelanggaran yang dilakukan Costa: ucapan kasar.

3 dari 3 halaman

Sanksi Tambahan

Costa masih berpeluang disanksi tambahan setelah dilaporkan memegang tangan Jesus Gil. Pelanggaran ini juga bisa berakibat empat dan 12 laga, tergantung dari keputusan komite disiplin liga.

Sementara itu, Atletico Madrid akan mengajukan banding untuk Costa. Mereka yakin Costa tidak berkata kasar seperti yang disebutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.