Sukses

Pekerjaan Rumah Zidane Masih Banyak

Zidane kembali menangani Real Madrid.

Liputan6.com, Madrid - Zinedine Zidane sudah ditunjuk kembali untuk menangani Real Madrid. Niatnya jelas untuk menaikkan moral dan mental tim yang anjlok musim ini.

Namun, itu sepertinya bukan pekerjaan mudah bagi Zidane. Tantangan besar mengadang pelatih asal Prancis tersebut. Kekalahan dari Valencia dini hari tadi WIB menjadi contoh masalah yang mesti dibereskan oleh Zidane. 

Apalagi musim ini Real Madrid terseok-seok. Los Blancos sudah tersingkir di Liga Champions dan Copa del Rey. Peluang juara di La Liga Spanyol juga sudah sangat tipis untuk Real Madrid. Para pemain yang berada di skuat Real Madrid dinilai sudah melewati periode terbaiknya. Keputusan El Real menjual Cristiano Ronaldo ke Juventus musim panas lalu juga dianggap blunder.

Motivasi para pemain klub ibu kota Spanyol itu bermasalah. Zidane bahkan mengakui setelah Real Madrid mengalahkan Huesca akhir pekan lalu.

"Ngomong-ngomong, tidak mungkin memenangkan gelar saat ini dengan hanya 13 pemain di skuat Anda. Dan untuk memperjelas: Saya tidak berusaha membuat semua orang senang," kata Zidane, seperti dilansir Goal International.

"Sulit memotivasi tim ketika Anda tahu Anda tidak akan memenangkan gelar apa pun musim ini," ucap Zidane.

Zidane akan mengevaluasi skuatnya sampai akhir musim ini. Dia siap memulai pembangunan tim kembali demi sukses di musim depan.

Mungkin saja ini bisa jadi akhir skuat Real Madrid sekarang, tetapi revolusi skuat juga tidak mudah. Sebab, harga pemain sekarang sudah terlalu mahal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cuci Gudang

Belum lagi hubungan yang naik-turun antara Zidane dengan Presiden El Real, Florentino Perez. Kebijakan Zidane tidak semua bisa berjalan mulus.

Zidane berpotensi akan melepas sejumlah pemain yang pada periode pertama kepelatihannya turut mengantarkan sukses sebagai pelatih Real Madrid. Zidane mempertahankan pemain yang masih dibutuhkannya.

Fans Los Blancos mungkin sudah merelakan klub kesayangan mereka tidak meraih gelar. Trofi Piala Dunia Antarklub, yang mereka menangkan Desember lalu jelas bukan target utama Real Madrid.

3 dari 3 halaman

Sorotan dan Tekanan

Pekerjaan rumah Real Madrid harus diselesaikan Zidane akhir musim ini. Sorotan dan tekanan bakal menemaninya setiap akan mengambil langkah dari kursi pelatih Real Madrid. Menarik menantikan apakah Zidane sukses pada periode keduanya menukangi Los Blancos. 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.