Daftar 10 Penjaga Gawang Terbaik Liga Inggris Musim Ini

Oleh Aditya Wicaksono pada 05 Apr 2019, 19:45 WIB
Diperbarui 05 Apr 2019, 20:16 WIB
Kiper Tangguh, Premier League, Ederson Moraes

Jakarta Kiper merupakan posisi yang paling krusial dalam permainan sepak bola. Kiper merupakan penjaga terakhir di lini pertahanan sebuah klub sepak bola, termasuk di Liga Inggris

Liga Inggris dianggap sebagai kompetisi yang paling ketat. Hal itu tercermin dari kompetisi musim 2018-19. Hal itu membuat persaingan antara penjaga gawang menjadi menarik untuk diikuti.

Selain itu, Premier League atau kompetisi kasta tertinggi di Inggris ini merupakan liga yang diwarnai oleh kiper-kiper mancanegara. Dua kiper Spanyol, mengawal dua klub elite Premier League, yaitu David de Gea bersama Manchester United dan Kepa Arrizabalaga bersama Chelsea.

Lalu, ada juga dua kiper hebat asal Brasil, yang merupakan anggota timnas negara tersebut. Kiper itu adalah Alisson Becker di Liverpool dan Ederson Moraes di Manchester City.

Selain dua kiper tersebut masih banyak kiper lainnya yang juga menjadi aktor utama di lini pertahanan. Berikut ini merupakan sepuluh kiper terbaik di Liga Inggris pada musim 2018-19.

Sumber: Squawka

2 of 11

10. Martin Dubravka - Newcastle United

Martin Dubravka - Newcastle United
Martin Dubravka. (AFP/Lindsey Parnaby)

Martin Dubravka menjadi satu di antara kekuatan Newcastle United di lini pertahanan. Ia sudah kebobolan 40 gol, namun berhasil menangkal 417 tendangan ke arah gawangnya.

Sejauh ini, Dubravka sudah mencatatkan sembilan clean sheets. Catatan tersebut hanya diungguli oleh empat kiper di Premier League.

3 of 11

9. Jordan Pickford - Everton

Liverpool Gagal Kudeta Manchester City di Puncak
Jordan Pickford. (AFP/Oli Scarff)

Jordan Pickford merupakan kiper nomor satu timnas Inggris. Namun, ia tidak begitu tampil mengesankan pada musim 2018-19.

Pickford masih sering melakukan blunder yang berakibat fatal bagi Everton.

4 of 11

8. Rui Patricio - Wolverhampton Wanderers

Rui Patricio
Rui Patricio. (AFP/Paul Ellis)

Rui Patricio menjalani musim pertama di Premier League. Ia menunjukkan performa yang gemilang. Hal itu tak mengherangkan karena ia merupakan kiper nomor satu timnas Portugal.

Rui Patricio memiliki persentase penyelamatan mencapai 69,11 persen sejauh Premier League bergulir. Hal itu semakin membuatnya menjadi sorotan selain karena mengenakan jersey bernomor punggung 11.

5 of 11

7. Hugo Lloris - Tottenham Hotspur

Kiper dengan Overall Rating Terbaik di PES 2019
Hugo Lloris. (AFP/Glyn Kirk)

Hugo Lloris disebut sebagai kiper yang unik. Ia kerap membuat blunder, namun tim yang ia bela tetap meraih hasil positif. Hal itu terjadi ketika final Piala Dunia 2018.

Namun, Lloris tetap menjadi kiper terbaik di Premier League. Ia sudah mencatatkan persentase penyelamatan sebesar 73 persen.

6 of 11

6. Kepa Arrizabalaga - Chelsea

Kepa Arrizabalaga
Kepa Arrizabalaga. (AFP/Glyn Kirk)

Kepa Arrizabalaga merupakan kiper termahal di dunia setelah diboyong Chelsea dari Athletic Bilbao. Label harga tersebut ia buktikan melalui aksi yang menawan bersama Chelsea.

Arrizabalaga mampu mengatasi tekanan dan bisa mengawal gawang Chelsea dengan sangat baik. Sektor kiper menjadi satu di antara sektor terkuat Chelsea pada musim 2018-19.

7 of 11

5. Ben Foster - Watford

Ben Foster
Ben Foster. (AFP/Lindsey Parnaby)

Ben Foster merupakan satu di antara kiper terbaik di Premier League. Gagal di Manchester United tak membuat performanya menurun. Ia membuat keputusan yang tepat dengan hijrah ke klub papan tengah.

Ia sempat membela West Brom hingga akhirnya klub tersebut terdegradasi. Setelah itu, Watford memboyongnya dan Foster menunjukkan performa yang konsisten.

Meskipun tidak membela klub besar, setidaknya Foster tetap eksis di Premier League. Ia tercatat melakukan 100 penyelamatan dan sudah mencatatkan tujuh clean sheets.

8 of 11

4. Lukasz Fabianski - West Ham United

Liverpool, West Ham, Premier League
Lukasz Fabianski. (AP/David Davies)

Lukasz Fabianski merupakan kiper jebolan Arsenal. Ia sempat bergabung ke Swansea City sampai akhirnya klub tersebut terdegradasi.

Bergabung bersama West Ham United, Fabianski mencatatkan pencapaian yang luar biasa. Ia mendapat 446 tendangan dan mampu melakukan penyelamatan sebanyak 126 kali.

Ia memiliki persentase penyelamatan sebesar 71,76 persen.

9 of 11

3. Ederson - Manchester City

Kiper Tangguh, Premier League, Ederson Moraes
Ederson Moraes. (AFP/Oli Scarff)

Ederson sudah menjadi kiper terbaik sejak ia berkarier di Premier League bersama Manchester City. Pada musim 2018-19, Ederson mencatatkan 15 clean sheets.

Namun, hal itu juga didukung oleh lini pertahanan Manchester City yang solid. Selain itu, Ederson juga pernah membuat assist untuk gol rekannya di Manchester City.

10 of 11

2. David de Gea - Manchester United

Pemain Era Sir Alex Ferguson
David de Gea. (AP/Rui Vieira)

David de Gea merupakan satu di antara kiper terbaik di dunia. Ia sudah menjadi satu di antara kekuatan Manchester United.

David de Gea mencatatkan persentase penyelamatan sebesar 71,53 persen pada musim ini. David de Gea sudah menerima tendangan sebanyak 412 tendangan pada musim ini.

11 of 11

1. Alisson Becker - Liverpool

7 pemain Premier League FIFA 19
Alisson Becker. (AFP/Paul Ellis)

Alisson Becker baru bergabung bersama Liverpool pada awal musim 2018-19. Ia direkrut dari AS Roma.

Alisson tak membutuhkan waktu yang lama untuk menunjukkan kualitasnya bersama Liverpool. Ia sudah mencatatkan 17 clean sheets untuk The Reds.

Selain itu, Alisson mencatatkan persentase penyelamatan sebesar 76,54 persen.

Lanjutkan Membaca ↓