Sukses

Ranking FIFA April 2019, Posisi Timnas Indonesia Tak Berubah

Indonesia tetap berada di peringkat ke-159 dalam ranking FIFA meski mengalami peningkatan poin.

Jakarta FIFA telah merilis ranking terbaru pada 4 April 2019. Peringkat Timnas Indonesia di ranking FIFA tak berubah dari edisi sebelumnya, di mana Tim Merah putih tetap berada di posisi ke-159, meski Evan Dimas dan kawan-kawan berhasil menang 2-0 atas Myanmar dalam laga uji coba internasional 25 Maret silam.

Timnas Indonesia menjalani laga uji coba internasional kontra Myanmar di Stadion Thuwunna, Yangon, pada 25 Maret yang menjadi pekan FIFA matchday. Laga uji coba tersebut sejak awal memang ditujukan untuk mendongkrak peringkat dalam ranking FIFA dan untuk memuluskan langkah Indonesia agar bisa memulai kualifikasi Piala Dunia 2022/Piala Asia 2023 dari putaran kedua.

Timnas Indonesia sudah dipastikan akan memulai kualifikasi Piala Dunia 2022/Piala Asia 2023 dari putaran kedua. Namun, dalam rilis peringkat FIFA terbaru pada Kamis (4/4/2019), peringkat Indonesia masih stagnan di posisi 159.

Bicara soal peningkatan poin, Indonesia memang mendapatkan tambahan lima poin dari edisi Februari 2019. Namun, keberhasilan Kuwait naik dua peringkat membuat Indonesia tak bergerak dari peringkat 159. Selain itu, Tahiti tetap unggul 12 poin dari Indonesia meski turun peringkat dan berada di posisi 158.

Vietnam masih menjadi negara nomor satu di kawasan Asia Tenggara dengan menempati peringkat ke-98, naik satu peringkat dari edisi sebelumnya.Thailand membuntuti di peringkat ke-114, di mana mereka juga naik satu peringkat dari sebelumnya.

Sementara itu, Filipina dan Myanmar yang menjadi tim ketiga dan keempat dari Asia Tenggara harus mengalami penurunan posisi. Filipina turun satu peringkat ke posisi 124, sementara Myanmar turun dua peringkat ke posisi 140.

Dengan posisi tersebut, Indonesia berada di peringkat kelima di antara negara-negara Asia Tenggara. Singapura menempel ketat Indonesia dengan berada di peringkat ke-160, naik lima peringkat dari edisi sebelumnya dengan kenaikan tujuh poin.

Malaysia berada di peringkat ke-168, Kamboja berada di peringkat ke-173, Laos berada di peringkat ke-184, Brunei Darussalam berada di peringkat ke-194, ditempel Timor Leste yang berada di peringkat ke-195 di ranking FIFA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.