Sukses

Pendukung Persija Disambut Hangat Ultras Ceres di Filipina

Ultras Ceres mengajak pendukung Persija, The Jakmania, berfoto bersama saat menyaksikan laga ketiga Grup G Piala AFC 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Belasan pendukung Persija Jakarta, The Jakmania, berangkat ke Bacolod, Filipina, untuk mendukung tim kesayangan mereka berlaga pada laga ketiga Piala AFC Grup G 2019.

Lawan yang dihadapi Persija adalah Ceres-Negros, kampiun kasta teratas Liga Filipina, 2018 lalu. Namun, sayangnya pertandingan yang berlangsung di Stadion Panaad, Rabu (3/4/2019), itu tidak berlangsung positif untuk Persija.

Tim berjulukan Macan Kemayoran ini terpaksa pulang dengan tangan hampa setelah takluk 0-1 dari tuan rumah setelah tandukan Bienvenido Maranon mengoyak jala gawang Andritany Ardhiyasa.

Namun, di balik kekalahan Persija, terselip kisah menarik yang dibagikan Febrian, seorang The Jakmania yang turut hadir di Filipina. Menurut pengakuannya, Macan Kemayoran beserta suporternya mendapatkan sambutan hangat dari Ceres-Negros dan pendukungnya.

"Ceres-Negros dan suporternya sangat antusias menanti partai melawan Persija," kata Febrian kepada Bola.com.

Bukti nyata dari pernyataan itu Febrian adalah kelompok suporter tuan rumah yang bernama Ultras Ceres mengajak The Jakmania untuk berpose bersama. Febrian mengatakan, pamor Persija dan suporternya telah terdengar sampai ke Filipina.

"Terbukti, bukan cuma Persija saja yang disambut. Kami semua juga disambut ketika bertemu Ultras Ceres. Mereka sangat antusias untuk berfoto bersama," ujar Febrian yang juga founder dari komunitas Secondline Squad ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seperti Penonton Bola Basket

Sepak bola bukan olahraga paling populer di Filipina. Masyarakat Filipina selalu menganggap bola basket sebagai olahraga nomor satu.

Hal tersebut berimbas kepada gaya Ultras Ceres yang terbilang unik saat mendukung timnya. Febrian mengatakan, suporter tuan rumah tidak memberikan semangat dalam bentuk nyanyian, melainkan menggunakan alat musik.

"Kehadiran mereka tak lain karena warga mereka penasaran dengan Persija. Personel mereka (Ultras Ceres) tidak banyak, mungkin karena sepak bola bukan olahraga utama di Filipina, jadi semangat dan budaya dalam memberikan dukungan agak lucu seperti penonton basket," tutur Febrian.

"Satu lagi, mereka tidak memiliki chant layaknya suporter sepak bola pada umumnya. Mereka cuma memainkan alat musik saja," lanjutnya.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.