Usir Kapten MU, Mike Dean Jadi Wasit Paling Royal Kartu Merah

Oleh Harley.Ikhsan pada 03 Apr 2019, 16:45 WIB
Diperbarui 03 Apr 2019, 22:16 WIB
Ashley Young

Liputan6.com, Manchester - Mike Dean mencatat sejarah ketika memimpin duel Wolverhampton Wanderers vs Manchester United (MU) di Molineux, Rabu (3/4/2019) dini hari WIB. Dia menjadi wasit pertama yang mengeluarkan 100 kartu merah pada era Premier League.

Adalah kapten MU Ashley Young yang mendapat 'kehormatan' tersebut. Dean mengusirnya karena akumulasi. Setelah memberinya kartu kuning pertama ('52), dia mengeluarkan eks pemain Aston Villa itu karena menjegal Diogo Jota ('57) tidak lama berselang.

"Saya kira keputusannya terlalu lunak. Namun itulah sepak bola modern. Mengecewakan karena Young hanya melakukan dua pelanggaran," kata eks gelandang MU Darren Fletcher, dilansir Daily Mail.

Young pun menjadi pemain ke-10 yang diusir Dean pada musim ini. Pengadil berusia 50 tahun itu mencapai tiga dijit setelah memimpin 477 pertandingan.

2 dari 3 halaman

Royal Kartu

Aubameyang Tampil Gemilang, Arsenal Rajai Derbi London Utara
Mike Dean. (AFP/Ian Kington)

Bekerja sejak 2000, Dean tergolong royal karena memimpin hampir 50 persen atas koleganya pada kategori ini. Tercatat Phil Dowd dan Mike Riley bertengger di posisi dua dengan sama-sama mengeluarkan 67 pemain.

Sementara di kalangan wasit yang masih aktif, Martin Atkinson merupakan rival terdekat Dean lewat 58 kartu merah.

3 dari 3 halaman

Korban Ketegasan Dean

Penggawa Newcastle United Nolberto Solano merupakan pemain pertama yang diusir Dean. Peristiwa terjadi pada laga melawan Ipswich Town, 14 April 2001.

Sedangkan Young merupakan pemain MU keempat yang dikeluarkan Dean. Dia mengikuti jejak Rafael da Silva, Juan Mata, dan Nemanja Matic.

Lanjutkan Membaca ↓
Penampakan Mobil Baru Cristiano Ronaldo Senilai Rp 145 Miliar