Sukses

Manajer City Siap Pimpin Boikot Jika Pemainnya Jadi Sasaran Ejekan Rasis

Winger City, Raheem Sterling kerap menjadi sasaran ejekan rasis.

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester City, Pep Guardiola mengaku siap mengajak timnya boikot jika ada insiden rasisme di lapangan. Ia menyebut boikot sangat diperlukan untuk menyadarkan semua pihak.

Winger City asal Inggris, Raheem Sterling menjadi korban ejekan rasisme dalam laga melawan Montenegro awal pekan kemarin. Sterling bahkan menyebut hinaan rasisme semakin gencar belakangan ini.

Guardiola sebagai manajer tidak mau tinggal diam. Itu sebabnya dia siap mundur dari pertengahan laga jika pemain City diserang ejekan rasisme.

"Ya kami bisa melakukannya. Sepak bola adalah senjata ampuh untuk mempertahankan prinsip kemanusiaan," kata Guardiola seperti dilansir Evening Standard.

"Saya ingat orang bilang tak bisa mencampur urusan politik dengan sepak bola, dan itu tidak benar. Politik ada di mana saja, masalah kemanusiaan juga di mana saja," katanya menambahkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makin Luas

Guardiola juga menyebut maraknya insiden rasisme bukan hanya di dunia sepak bola saja. Namun sudah menjalar ke masyarakat secara luas.

"Saya tidak berdiri sendiri di klub. Jika memang pemain, kapten CEO, dan pemilik klub ingin ada boikot saat aksi rasisme terjadi, maka saya pasti mengizinkan, kata Guardiola.

"Situasi bisa berubah jika Anda berbuat sesuatu. Beberapa waktu lalu Guus Hiddink tak mau melanjutkan laga karena ada bendera Nazi, dan itu bisa menjadi contoh."

3 dari 3 halaman

Jadwal

Sabtu, 30 Maret

19.30 WIB, Fulham vs Man City (Bein Sports 1)

22.00 WIB, Brighton vs Southampton

22.00 WIB, Burnley vs Wolverhampton

22.00 WIB, C Palace vs Huddersfield

22.00 WIB, Leicester City vs Bournemouth

22.00 WIB, MU vs Watford (Bein Sports 1)

Minggu, 31 Maret

00.30 WIB, West Ham vs Everton (Bein Sports 1)

20.05 WIB, Cardiff vs Chelsea

22.30 WIB, Liverpool vs Tottenham (RCTI)

Selasa, 2 April

02.00 WIB, Arsenal vs Newcastle

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.