Manajer City Siap Pimpin Boikot Jika Pemainnya Jadi Sasaran Ejekan Rasis

Oleh Adyaksa Vidi pada 30 Mar 2019, 19:40 WIB
Diperbarui 30 Mar 2019, 19:40 WIB
Pep Guardiola
Perbesar
Pelatih Manchester City Pep Guardiola (tengah) menyaksikan anak asuhnya menghadapi Southampton pada laga Liga Inggris di St Mary's Stadium, Minggu (13/5/2018). (AP Photo/Frank Augstein)

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester City, Pep Guardiola mengaku siap mengajak timnya boikot jika ada insiden rasisme di lapangan. Ia menyebut boikot sangat diperlukan untuk menyadarkan semua pihak.

Winger City asal Inggris, Raheem Sterling menjadi korban ejekan rasisme dalam laga melawan Montenegro awal pekan kemarin. Sterling bahkan menyebut hinaan rasisme semakin gencar belakangan ini.

Guardiola sebagai manajer tidak mau tinggal diam. Itu sebabnya dia siap mundur dari pertengahan laga jika pemain City diserang ejekan rasisme.

"Ya kami bisa melakukannya. Sepak bola adalah senjata ampuh untuk mempertahankan prinsip kemanusiaan," kata Guardiola seperti dilansir Evening Standard.

"Saya ingat orang bilang tak bisa mencampur urusan politik dengan sepak bola, dan itu tidak benar. Politik ada di mana saja, masalah kemanusiaan juga di mana saja," katanya menambahkan.

 

 

2 dari 3 halaman

Makin Luas

Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne
Perbesar
Manajer Manchester City, Pep Guardiola, memastikan Kevin De Bruyne mengalami cedera hamstring. (Adam Davy/PA via AP)

Guardiola juga menyebut maraknya insiden rasisme bukan hanya di dunia sepak bola saja. Namun sudah menjalar ke masyarakat secara luas.

"Saya tidak berdiri sendiri di klub. Jika memang pemain, kapten CEO, dan pemilik klub ingin ada boikot saat aksi rasisme terjadi, maka saya pasti mengizinkan, kata Guardiola.

"Situasi bisa berubah jika Anda berbuat sesuatu. Beberapa waktu lalu Guus Hiddink tak mau melanjutkan laga karena ada bendera Nazi, dan itu bisa menjadi contoh."

3 dari 3 halaman

Jadwal

Bantai Schalke 7-0, Manchester City Melenggang ke Perempat Final
Perbesar
Pelatih Manchester City Pep Guardiola (kanan) memeluk pelatih Schalke Domenico Tedesco usai laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium, Manchester, Selasa (12/3). City membantai Schalke 7-0. (AP Photo/Dave Thompson)

Sabtu, 30 Maret

19.30 WIB, Fulham vs Man City (Bein Sports 1)

22.00 WIB, Brighton vs Southampton

22.00 WIB, Burnley vs Wolverhampton

22.00 WIB, C Palace vs Huddersfield

22.00 WIB, Leicester City vs Bournemouth

22.00 WIB, MU vs Watford (Bein Sports 1)

Minggu, 31 Maret

00.30 WIB, West Ham vs Everton (Bein Sports 1)

20.05 WIB, Cardiff vs Chelsea

22.30 WIB, Liverpool vs Tottenham (RCTI)

Selasa, 2 April

02.00 WIB, Arsenal vs Newcastle

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓