Sukses

Engelen Siap Kibarkan Merah Putih di One: A New Era

Petarung berdarah Indonesia-Belanda Anthony Engelen mengaku tidak mempersiapkan khusus untuk menghadapi kelebihan lawan.

Liputan6.com, Jakarta Petarung berdarah Indonesia-Belanda Anthony Engelen siap tempur di ajang One Championship: A New Era di Tokyo, Jepang, Minggu (31/3). Dia akan menghadapi petarung Amerika Serikat, Garry Tonon di kelas featherweight.

"Saya percaya diri menghadapi pertarungan ini," ujar Engelen saat ditemui Liputan6.com di Hotel Grand Prince Shinagawa Tokyo, Jumat (29/3). "Saya sudah cukup mempersiapkan diri di Bali."

Engelen pun berhasrat mengharumkan nama Indonesia. Dia berencana mengusung bendera Merah Putih di atas ring.

Biasanya, Engelen selalu membawa dua bendera: Belanda dan Indonesia. Tapi, kali ini dia khusus hanya akan mengibarkan bendera Indonesia.

"Biar orang tidak bingung. Dan biar semua tahu saya sungguh-sungguh membela nama Indonesia," ujar Engelen, serius.

Engelen sendiri sudah mempelajari gaya bertarung Tonon. Namun, soal strategi di atas ring, Engelen mengaku tidak mempersiapkan khusus untuk menghadapi kelebihan lawan, yang terkenal kuat pertarungan bawah.

"Saya hanya fokus kepada kemampuan saya. Bagaimana membuat dia tidak nyaman, sehingga saya bisa mencari celah mengalahkan dia," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tampil Menyerang

Tonon memang dikenal sebagai sosok petarung grappler hebat. Selama kariernya di mixed martial arts, begitu sering petarung berusia 27 tahun itu menang dengan submission.

Namun hal ini tak mengkhawatirkan Engelen. "Kalau jujitsu, mungkin kemampuan dia memang di atas saya. Namun, ini mma, pertarungan bebas, menggunakan gaya apa saja," ujarnya.

Engelen pun menjamin, akan tampil seperti biasa, tidak main bertahan. "Saya akan langsung attack. Dia pasti akan mengincar kaki saya karena dia grappler sejati, tapi saya tahan dengan pukulan dan tendangan," ujarnya. "Pertahanan saya adalah serangan."

3 dari 3 halaman

Nilai Asia

Terkait nilai-nilai Asia yang didengung-dengungkan dalam One Championship Engelen mengaku juga amat merasakannya. Bahkan, dalam kehidupan sehari-hari di luar ring, dia juga berusaha menerapkannya.

"Nilai-nilai seperti disiplin, kemanusiaan, dignity sangat penting dalam kehidupan saya. Saya juga sering share ini ke follower saya di media sosial," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.