Sukses

Resmi Jadi Pelatih Tetap MU, Begini Cara Ucapkan Nama Solskjaer

Ole Gunnar Solskjaer resmi menjadi pelatih permanen Manchester United (MU).

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United (MU) akhirnya menaikkan status Ole Gunnar Solskjaer dari caretaker menjadi pelatih permanen. Pria asal Norwegia itu dikontrak selama tiga tahun ke depan. 

Keputusan ini diambil setelah tiga bulan Solskjaer menangani MU menggantikan posisi Jose Mourinho. Penampilan gemilang Setan Merah menjadi pertimbangan manajemen mengangkat Solskjaer menjadi pelatih tetap salah satu tim papan atas Liga Inggris itu. 

Solskjaer tentu bukan wajah baru di MU. Sebelum ditunjuk sebagai pelatih, fans Setan Merah sudah mengenal Solskjaer saat masih aktif sebagai pemain. Tidak tanggung-tanggung, Solskjaer sempat memperkuat Setan Merah selama 11 tahun (1996-2007). 

Sebelum akhirnya gantu sepatu karena cedera lutut, Solskjaer sempat merasakan enam gelar Premier League dan satu gelar Liga Champions. Ketajamannya di depan gawang lawan membuatnya dijuluki sebagai 'Baby-Faced Assassin atau 'Pembunuh Berwajah Imut''. 

 

Kini tugas berat menanti Solskjaer. Sebagai pelatih permanen MU, Solskjaer tentu saja diharapkan mampu mengembalikan reputasi Setan Merah sebagai tim terbaik Eropa. Dengan pengalaman yang minim sebagai pelatih, mampukah Solskjaer mewujudkan mimpi itu?

Di luar persoalan teknis, sebenarnya masih ada pertanyaan menggelitik yang sulit terjawab terkait pengangkatan Solkjaer: Bagaimana pengucapan nama Solskjaer yang benar? 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Panggil Saya Ollie

Ini menjadi persoalan yang dihadapi fans, pengamat, hingga komentator ketika 11 tahun Solskjaer memperkuat MU. Seperti dilansir ESPN, reporter itv news sebenarnya pernah menanyakan hal ini kepada Solskjaer saat dia ditunjuk sebagai pelatih Cardiff 2014 lalu. 

Namun yang bersangkutan hanya menjawab singkat. "Tolong panggil saya Ollie saja. Itu bakal jauh lebih mudah," katanya sembari melempar senyum. 

3 dari 3 halaman

Cara Mengucapkan Solskjaer

Jawaban ini tentu cukup membantu bagi siapapun yang ingin mengucapkan nama depannya saja. Namun bagi yang penasaran bagaiaman pengucapan Solskjaer, berikut panduannya. 

Menurut ESPN, Solskjaer terbagi dalam dua suku kata, 'Sol' dan 'skjaer'. Bagi warga negara Inggris, penyebutan Sol tidak berbeda ketika menyebutkan nama depan Sol Campbell. Bunyinyanya hampir sama meski orang Norwergia menggunakan bunyi oo lebih panjang. 

Sementara 'Skjaer' sedikit lebih sulit. Di Norwegia, kombinasi huruf 'skj' pada dasarnya sama dengan bunyi 'shh' dalam bahasa Inggris. Sementara 'ae' berasal dari huruf Norwegia atau Denmark untuk 'æ,' yang melambangkan bunyi vokal dalam kata seperti 'chair' atau 'bare'. Jadi pengucapannya seperti 'chair' tapi dengan bunyi 'sh' di bagian depannya. 

Jadi bila digabungkan menjadi atau kira-kira seperti ini: Sool-shair. 

Tentu saja mendengar orang Norwegia mengucapkannya akan terasa lebih mudah untuk ditiru. Untuk itu bisa dicermati pada Forvo, kamus pengucapan terbesar di dunia yang menyajikan cara pengucapan semua kata dalam semua bahasa, oleh pembicara asli. 

Bila masih kesulitan, tidak perlu ragu. Silahkan panggil Ole Gunnar Solskjaer dengan sebutan Ole saja, atau bos, atau Ole saja sudah cukup. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah
    Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah

    Ole Gunnar Solskjaer

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris