Permintaan Exco PSSI untuk Gelar KLB Belum Dapat Restu FIFA

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 27 Mar 2019, 10:10 WIB
Diperbarui 27 Mar 2019, 14:16 WIB
FIFA

Jakarta Pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI belum menemui titik terang. Setelah Komite Eksekutif (Exco) telah memutuskan menggelar KLB sejak Februari lalu, FIFA tak kunjung memberikan jawaban.

Langkah awal dari penyelengaraan KLB PSSI adalah PSSI menyurati FIFA. Apabila induk sepak bola dunia tersebut setuju, perwakilan Exco akan menyambangi kantor FIFA di Zurich, Swiss.

Tetapi, perkembangan rencana KLB PSSI baru sampai tahap melapor. Hingga satu bulan setelah diambilnya keputusan untuk menggelar KLB PSSI, FIFA belum merespons keinginan Exco tersebut.

"Tentunya, ke FIFA kami tidak bisa tiba-tiba pergi ke Swiss. Kami bersurat dulu, dan proses menyurat itu sudah berlangsung. Sudah mulai berjalan. Untuk meminta, kapan kami bisa menghadap FIFA," ujar anggota Exco, Dirk Soplanit, ketika dihubungi Bola.com.

"Jadi, sebelum menentukan waktu KLB, menunggu jawaban mereka dulu kapan mereka bisa menerima kami," imbuh Dirk Soplanit.

Selain kepada FIFA, Exco juga harus menjelaskan penyebab diadakannya KLB kepada AFC. Nantinya, FIFA dan AFC akan menghadiri KLB PSSI apabila jadi digelar. Exco PSSI dalam posisi menunggu untuk melapor ke AFC, yang disebutkan Dirk, sedang sibuk dengan berbagai agenda.

 

2 dari 2 halaman

Kewenangan Langsung

"Karena kesibukan AFC yang kami lihat. Karena, kalau kami sampaikan ke FIFA, itu pasti FIFA akan teruskan kepada AFC yang punya kewenangan langsung, katakanlah begitu, karena kami kan di bawah AFC," tutur Dirk Soplanit.

Lanjutkan Membaca ↓