Sukses

Myanmar vs Indonesia: Ini 3 Motor Serangan Skuat Garuda

Timnas Indonesia berkekuatan 22 pemain untuk melawan Myanmar.

Jakarta Sebanyak 22 pemain Timnas Indonesia disiapkan pelatih Simon McMenemy untuk menghadapi Myanmar. Laga uji coba tersebut akan digelar di Mandalar Tiri Stadium, Senin (25/3/2019).

Dari 22 pemain tersebut, sepuluh di antaranya merupakan penggawa Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Selebihnya, personel yang kembali dipanggil dan sejumlah wajah baru turut menghiasi materi Skuat Garuda.

Baik Timnas Indonesia dan Myanmar membutuhkan kemenangan untuk mendongkrak posisi di ranking FIFA. Uji coba ini memang masuk ke dalam kalender FIFA.

McMenemy selaku juru takik Timnas Indonesia kemungkinan memakai formasi 4-4-2 diamond untuk menantang Myanmar. Pakem ini menyertakan satu gelandang bertahan, dua pemain sayap, dan satu gelandang serang dalam skema empat pemain di lini tengah.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat ke-159 FIFA. Skuat Garuda terpaut cukup jauh dengan Myanmar, yang menempati posisi ke-138.

Berikut Bola.com merangkum tiga pemain yang akan menjadi motor serangan Timnas Indonesia menghadapi Myanmar:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stefano Lilipaly

Dalam formasi 4-4-2 diamond ala McMenemy, Stefano Lilipaly punya peluang besar menjadi kreator serangan di belakang dua penyerang. Peran ini telah lihai diperankannya semasa membela Bali United dan Timnas Indonesia sebelumnya.

Ketika memperkuat Timnas Indonesia U-23 pada Asian Games 2018, Lilipaly mampu membukukan statistik mengesankan. Dari lima pertandingan, pemain berusia 29 tahun itu berhasil mengukir empat gol dan empat assists.

Kemampuan Lilipaly sebagai gelandang yang tajam juga pengumpan ke lini depan tentu akan memanjakan duet striker Timnas Indonesia yang kemungkinan diisi oleh Ilija Spasojevic dan Greg Nwokolo.

3 dari 4 halaman

Evan Dimas Darmono

Evan Dimas akan bergantian dengan Lilipaly dalam melayani barisan depan Timnas Indonesia. Formasi 4-4-2 diamond tidak memungkinkan Evan berperan sebagai pemain cadangan. Dia diperkirakan memulai pertandingan dari bangku cadangan.

Keahlian Evan dalam mengkreator lini serang membuatnya cocok menempati pos gelandang serang bergiliran dengan Lilipaly. Pemain Barito Putera ini juga punya kualitas untuk mengalirkan bola, men-delay permainan hingga menjadi pembeda ketika kebuntuan datang.

4 dari 4 halaman

Riko Simanjuntak

Riko Simanjuntak menjelma menjadi andalan Timnas Indonesia di sektor sayap mulai Piala AFF 2018. Gelandang Persija ini berhasil menorehkan dua assists pada turnamen tersebut.

Kali ini, pos sayap kanan Timnas Indonesia berpeluang kembali diambil alih oleh Riko. Kemampuannya dalam meliak-liuk ditambah ngotonya ia dalam bertahan membuat Riko layak menghuni pos starter Skuat Garuda ketika menghadapi Myanmar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.