Sukses

Timnas Indonesia U-23 Kalah, Penampilan Egy Maulana Jadi Sorotan

Pengamat menyebut penampilan Timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Vietnam sebenarnya sudah membaik.

Jakarta Timnas Indonesia U-23 ditaklukkan Vietnam 0-1 di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu (24/3/2019) malam. Dengan hasil ini, timnas dipastikan gagal meraih tiket ke Piala Asia U-23 2020 setelah 

Mantan asisten pelatih PSM Makassar, Tony Ho menilai, penampilan Timnas Indonesia U-23 sebenarnya sudah membaik. Timnas U-23 sudah memperagakan pressing ketat saat pemain Vietnam memegang bola.

"Cara bermain seperti membuat Vietnam yang unggul dalam penguasaan bola kesulitan mendekati garis 16 meter pertahanan Indonesia," ujar Tony Ho kepada Bola.com.

Menurut Tony, timnas juga terlihat sudah bisa membangun serangan. Mwski lebih banyak umpan jauh tapi mampu menciptakan peluang dan membuat lini belakang Vietnam agak tertekan.

"Opsi umpan jauh kedepan saya pikir sudah tepat karena kalah di tengah dan tidak ada pemain yang mampu jadi 'jembatan' antara depan dan belakang," papar Tony.

Secara khusus Tony Ho menyoroti penampilan Egy Maulana yang diharapkan jadi pembeda di Timnas Indonesia U-23.

Di mata Tony, Egy justru jadi 'kartu mati' lini serang Indonesia. "Banyak serangan Indonesia mentok saat Egy mengusai bola. Baik saat dia bermain di belakang striker atau sebagai penyerang sayap," tegas Tony.

Tony mengaku heran dengan keputusan Indra Sjafri yang terus memainkan Egy sampai pertandingan berakhir. "Dalam dua pertandingan, Egy tidak berkembang. Sepertinya lawan sudah tahu gaya bermainnya," terang Tony.

Meski memuji penamplan lini belakang yang solid. Tony menyayangkan hilanganya konsentrasi Nurhidayat dan kawan-kawan.

"Timnas Indonesia U-23 kembali mengulang kesalahan sama. Gol tercipta karena pemain kita lebih fokus dengan bola. Kemudian tidak ada yang berusaha mengganggu laean yang mendapatkan peluang untuk mencetak gol," pungkas Tony.

 

Sumber: Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.