Menghitung Peluang Timnas Indonesia U-23 di Piala AFC: Wajib Menang

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 24 Mar 2019, 11:20 WIB
Para pemain Timnas Indonesia U-22 tampak kecewa usai ditahan imbang Malaysia U-22 pada laga Piala AFF U-22 2019. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Liputan6.com, Hanoi - Pertandingan Timnas Indonesia U-23 kontra Vietnam pada matchday kedua Grup K kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Minggu (24/3/2019), merupakan laga hidup mati. Tidak ada kata lain, pasukan Indra Sjafri wajib menang jika ingin menjaga peluang lolos ke fase berikutnya.

Start buruk harus dialami Timnas Indonesia U-23 setelah menelan kekalahan telak 0-4 dari Thailand. Situasi ini membuat Osvaldo Haay dkk. berada pada situasi sulit.

Peluang untuk lolos ke Piala AFC U-23 2020 di Thailand memang belum sepenuhnya tertutup. Namun, Timnas Indonesia U-23 wajib memetik kemenangan pada dua laga sisa dan berharap pada kemungkinan-kemungkinan lain.

Jika mampu memetik kemenangan atas Vietnam dan Brunei, Timnas Indonesia U-23 bakal mengoleksi enam poin. Timnas Indonesia U-23 bakal lolos jika Thailand meraih hasil imbang melawan Brunei dan kembali imbang ketika berjumpa Vietnam.

 

2 of 2

Tidak Ada yang Mustahil

Timnas Indonesia U-23
Timnas Indonesia U-23 jelang melawan Timnas Thailand U-23 dalam kualifikasi Piala AFC U-23 2020 di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3/2019). (Bola.com/Dok. PSSI)

Skenario yang sebenarnya membutuhkan keberuntungan. Namun, tak ada yang mustahil dalam sepak bola karena sebelum peluit panjang dibunyikan, apa pun masih bisa terjadi.

Namun, jika Timnas Indonesia U-23 kembali kalah melawan Vietnam, atau bahkan seri sekali pun, impian untuk tampil di Piala AFC tahun depan harus dikubur. Memang masih ada tiket melalui peringkat kedua terbaik, namun dengan skenario dua kekalahan peluang lolos sangat mustahil jika beradu dalam klasemen kecil.

Jadi, Timnas Indonesia U-23 wajib mati-matian untuk bisa memenangi dua laga sisa di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Selain itu, mari berharap Thailand dan Vietnam tak lagi memetik kemenangan pada laga sisa.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓