Pelatih Persib Sarankan Kompetisi Sepak Bola Indonesia Gunakan VAR

Oleh Windi.Wicaksono pada 22 Mar 2019, 21:30 WIB
Miljan Radovic

Liputan6.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Miljan Radovic, menyarankan penggunaan Video Assistance Referee (VAR) di kompetisi sepak bola Indonesia. Menurut Radovic, VAR akan membuat sepak bola Indonesia lebih baik.

Pelatih Persib asal Montenegro itu menilai VAR bakal sangat membantu kinerja perangkat pertandingan dalam mewujudkan laga yang adil di sepak bola Indonesia.

"Saya pikir di sini Indonesia bagus kalau pakai VAR, saya berharap bisa pakai VAR,” ujar Radovic, seperti dilansir situs Persib.

Dengan penggunaan VAR, keputusan kontroversial dapat diminimalisir. Sebab, Radovic menyatakan, wasit juga memiliki kelemahan dan keraguan yang dapat dituntaskan dengan VAR review.

"Bisa wasit kasih offside tapi VAR tidak offside. VAR bantu wasit, bantu pemain, bantu coach, bantu suporter karena itu clear," jelas pelatih yang baru menukangi Persib sejak Desember 2018 itu.

Kemudian, Radovic juga berbicara mengenai kondisi fisik anak-anak asuhannya menjelang program pemusatan latihan di Batam, Kepulauan Riau, awal pekan depan.

2 of 3

Kondisi Kebugaran

Miljan Radovic
Pelatih Persib Miljan Radovic mengakui akan mendapatkan dua pemain baru. (Huyogo Simbolon)

Radovic pun berharap kondisi kebugaran skuat Maung Bandung akan terus meningkat. Dia berambisi membawa Persib ke depan menjadi klub dengan kondisi fisik terbaik di Indonesia.

"Kondisi? Kita lihat kita kondisi baik. Saya selalu bicara kita ingin di kompetisi secara fisik top di Indonesia," paparnya.

"Mereka berlatih secara profesional dan sekarang mereka meningkat," tambahnya.

3 of 3

Ketahanan Fisik

Untuk dapat terus mengasah ketahanan fisik Maung Bandung, pelatih asal Montenegro itu pun mengatakan timnya membutuhkan sejumlah uji tanding. "Ya kita perlu 4-5 kali friendly game sebelum kompetisi," beber Radovic.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓
Pelari Indonesia, Karisma Tiarani Cetak Rekor Dunia di Dubai