Sukses

Pemain Naturalisasi Thailand Beri Dukungan Moril untuk Ezra Walian

Charyl Chappuis mengunggah sikap simpatik terhadap Ezra Walian dan berharap PSSI sebagai federasi bisa mengurus masalah naturalisasi dengan lebih baik.

Jakarta Nasib yang dialami Ezra Walian sebelumnya juga pernah menimpa pemain naturalisasi Thailand, Charyl Chappuis. Pernah merasakan hal yang sama, pemain berdarah Swiss itu memberikan dukungan moril kepada Ezra lewat akun media sosial, Instagram-nya. 

Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada  babak kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, Jumat (22/3/2019). Namun Ezra Walian tidak bisa tampil dalam duel ini karena melalui review yang dilakukan FIFA, pemain naturalisasi kelahiran Belanda itu tidak bisa bermain lantaran terganjal aturan dalam statuta FIFA.

Bintang Timnas Thailand, Charyl Chappuis, memberikan simpatinya kepada Ezra Walian. Hal tersebut dilakukannya karena hal yang sama pernah dialaminya pada 2013. Pemain kelahiran Swiss itu tidak bisa bermain dengan Timnas Thailand dalam kualifikasi Piala Asia menghadapi Lebanon karena masalah sama.

Dalam fitur Instastory yang diunggahnya ke feed Instagram pribadinya, Chappuis mengungkapkan pengalaman yang disebabkan kelalaian Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) dalam melaporkan dokumen-dokumen terkait proses naturalisasi yang dijalaninya.

"Saya menyesal mendengar kabar tentang Ezra, tapi saya juga melalui hal yang sama pada 2013 ketika saya mendapatkan panggilan pertama saya ke tim nasional. Itu terjadi karena federasi Thailand tidak mempersiapkan semua dokumen kepada FIFA. Jadi, saya melewatkan laga resmi pertama saya menghadapi Lebanon. Saya berharap segalanya akan baik-baik saja dan ia akan bermain untuk Indonesia di masa depan. Semoga sukses untuk kedua tim U-23 yang akan bertanding, semoga akan menjadi pertandingan yang bagus," ujar Chappuis dalam unggahannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doakan Ezra Walian

Setelah itu, Chappuis mengunggah foto Ezra Walian lengkap dengan pernyataannya di Instastory ke dalam feed Instagram miliknya dengan caption yang hampir sama dan menceritakan bagaimana seharusnya PSSI bekerja untuk mendaftarkan nama Ezra Walian sebagai bagian dari skuat Garuda Muda.

"Saya menyesal mendengar kabar Anda akan melewatkan turnamen ini. Namun, saya yakin jika federasi mempersiapkan semua dokumen dengan baik, di masa depan Anda akan bermain untuk Indonesia. Semoga yang terbaik bagi pertandingan AFC U-23 hari ini antara Thailand dan Indonesia," ujar Chappuis.

"Satu hal lagi, saya mengubah hidup saya dengan bermain untuk negara asal ibu saya. Untuk melihat semua wajah gembira yang bisa kita bawa lewat sepak bola, rasanya luar biasa dan untuk merasakan semua rasa cinta itu pun luar biasa. Saya berharap di masa depan Anda akan merasakan hal yang sama," doa Chappuis untuk Ezra Walian.

Dukungan dari Charyl Chappuis yang akhirnya bisa membela Timnas Thailand tentu menjadi sebuah pelajaran dan informasi yang berguna bagi PSSI, bahwa Ezra Walian akan tetap bisa membela Timnas Indonesia di masa depan, dengan syarat federasi mengurus dokumen dengan benar.

Sumber: Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.