4 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Jadi Tembok Kokoh di Kualifikasi Piala AFC 2020

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 22 Mar 2019, 10:55 WIB
Trivia Tembok Lini Belakang Timnas Indonesia U-23

Jakarta Perjalanan Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 akan dimulai, Jumat (22/3). Pelatih Indra Sjafri sudah menyiapkan nama-nama terbaik untuk meraih kesuksesan di ajang tersebut.

Bermodalkan gelar juara Piala AFF U-22 2019, Timnas Indonesia U-23 menatap Kualifikasi Piala AFC 2020 dengan percaya diri. Apalagi skuat yang dibawa tak banyak berbeda dari turnamen sebelumnya.

Justru, Timnas Indonesia U-23 mendapatkan suntikan pemain anyar yang bermain di luar negeri. Mereka adalah Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, dan Ezra Walian.

Namun, untuk urusan lini belakang, komposisinya tak ada yang berbeda. Deretan bek yang dibawa Indra Sjafri ke Vietnam adalah nama-nama yang sama.

Berkaca pada Piala AFF U-22 2019, lini belakang Timnas Indonesia U-23 tak buruk-buruk amat. Dalam lima pertandingan yang digelar, Timnas Indonesia U-23 keboboan empat gol.

Peningkatan kualitas lini belakang terlihat sudah dievaluasi. Dalam dua laga uji coba jelang Kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Timnas Indonesia U-23 hanya kebobolan dua gol, yakni saat melawan Semen Padang (12/3/2019). Lantas, siapa saja jajaran bek yang bisa diandalkan Indra Sjafri?

Berikut ini empat pemain yang bakal membuat lini belakang Timnas Indonesia U-23 menjadi tembok kukuh selama Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 versi Bola.com:

2 of 5

Firza Andika

Pemain Timnas Indonesia U-22, Firza Andika, menggiring bola saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Kamis (14/2). Latihan ini merupakan persiapan terakhir jelang Piala AFF U-22 2019 di Kamboja. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Firza Andika memiliki peran penting di Timnas Indonesia U-23 asuhan Indra Sjafri. Berperan sebagai bek kiri, Firza terkadang sesekali menusuk ke sayap kiri.

Kelincahan dan kekuatannya bisa menjadi keuntungan di lini pertahanan kiri Timnas Indonesia U-23. Pemain berusia 19 tahun itu bahkan tak ragu untuk melakukan duel-duel yang mematahkan serangan lawan.

Tak hanya menjadi seorang bek, Firza Andika juga bisa diandalkan dalam membangun serangan Timnas Indonesia U-23 dari lini belakang. Pemain yang bergabung klub Belgia, AFC Tubize, itu juga memiliki tembakan yang kerap berbuah gol.

3 of 5

Andy Setyo

Pemain Timnas Indonesia U-22, Andy Setyo, mengontrol bola saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Senin (7/1). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-22. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pada Piala AFF U-22 2019, pelatih Indra Sjafri memilih Andy Setyo sebagai kapten tim. Andy Setyo berhasil memimpin Timnas Indonesia U-22 melaju ke babak gugur.

Perannya di jantung pertahanan Timnas Indonesia U-23 sangat krusial. Miliki postur yang tinggi membuat Andy Setyo punya peluang memenangi duel-duel udara dengan lawan.

Kehadiran Andy Setyo di jantung pertahanan Timnas Indonesia U-23 pada Kualifikasi Piala AFC 2020 ini tentu menjadi keuntungan. Setidaknya, Andy Setyo bisa mematahkan serangan-serangan yang dibangun lawan.

4 of 5

Rachmat Irianto

Pemain Timnas Indonesia U-22, Rachmat Irianto, menggiring bola saat latihan di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (22/1). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFF U-22. (Bola.com/Yoppy Renato)

Rachmat Irianto punya peran penting di jantung pertahanan Timnas Indonesia U-23. Biasanya, pemain yang akrab disapa Rian itu diduetkan dengan Andy Setyo.

Rian memiliki postur yang cukup tinggi yakni 175 cm. Dengan tubuh yang besar, Rian berpeluang mematahkan serangan-serangan lawan dan memenangi duel bola-bola udara.

Ketangguhan Rian di jantung pertahanan Timnas Indonesia U-23 menghadirkan keuntungan sendiri. Dengan begitu, pelatih Indra Sjafri setidaknya tak terlalu khawatir ketika lawan mengancam lini pertahanan timnya.

5 of 5

Asnawi Mangkualam

Pemain Timnas Indonesia U-23, Asnawi Mangkualam, berusaha mengirim umpan saat latihan di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (14/3). Latihan ini merupakan persiapan jelang Kualifikasi Piala AFC U-23. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Asnawi Mangkualam merupakan sosok penting yang bisa diandalkan di sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia U-23. Pada Piala AFF U-22 2019, perannya sangat terlihat karena kerap mematahkan serangan lawan.

Tak jarang, Asnawi juga menjadi motor serangan Timnas Indonesia U-23 dari belakang. Begitu mendapatkan bola, Asnawi langsung mengolahnya dan memberikan umpan lambung ke lini depan.

Asnawi juga dikenal sebagai bek yang tangguh. Pemain PSM Makassar itu sesekali berhasil merepotkan lawan yang ingin membangun serangan dari sektor kanan pertahanan Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓