Sulit Dapat Izin di Palembang, Ronaldinho Direncanakan Tampil di GBK

Oleh Defri Saefullah pada 20 Mar 2019, 17:10 WIB
All Star Tour Sumatera Selatan Alex Noerdin Cup

Liputan6.com, Jakarta - Ronaldinho Gaucho, legenda Barcelona dan Timnas Brasil direncanakan untuk tampil pada All Star Tour Sumatera Selatan Alex Noerdin Cup di stadion Jakabaring, Palembang pada 31 Maret mendatang. Ronaldinho akan memberikan coaching clinic untuk 55 pesepak bola muda berbakat yang diseleksi pada Alex Noerdin Cup.

Namun kehadiran Ronaldinho menjadi buyar karena panitia yang diwakili Badan Sepak Bola Rakyat Indonesia (BASRI) kesulitan mendapatkan izin untuk memakai stadion Jakabaring, Palembang. Pengelola Jakabaring Sport City (JSC) dan Pemprov Sumatera Selatan seperti mempersulit perizinan yang belum keluar hingga Rabu (20/3/2019).

Kejadian ini sangat disayangkan oleh Ketua Umum BASRI, Eddy Sofyan. Dia menyayangkan mengapa pengelola JSC dan pemprov sumsel tak mengakomodasi acara sepak bola usia U-12 dan U-14 yang mendapatkan pelatihan singkat dari Ronaldinho. Padahal pembinaan sepak bola usia muda sudah menjadi program pemerintah lewat Inpres no III/2019 yang baru dikeluarkan pada Januari lalu.

"Sampai saat ini belum mendapatkan persetujuan untuk memakai Jakabaring. Hari ke hari ditanya, kami tidak mendapatkan jawaban kongkrit," kata Eddy kepada wartawan.

Eddy mengatakan salah satu yang dijadikan alasan pengelola JSC yaitu belum adanya surat kepastian Presiden Joko Widodo hadir pada acara tersebut. Pihak JSC disebutnya meminta surat dari Sekretariat Negara terkait kepastian kehadiran Joko widodo.

"Saya tak mau komentari soal surat di Setneg. Tapi kami kira alasan itu mengada-ada. Kami cuma ingin memakai bisa atau tidak," ujarnya.

 

 

2 of 3

Opsi Pindah ke Jakarta

Eddy Sofyan
Ketua Umum BASRI, Eddy Sofyan (Defri Saefullah/Liputan6.com)

Eddy mengatakan pihak Ronaldinho sempat ingin membatalkan kehadiran mereka di acara All Star Tour. Pihak Ronaldinho memberi batas waktu hingga hari Senin (18/3/2019) lalu.

"Akhirnya kami meminta waktu dua hari hingga hari ini untuk mengurus izin. Tapi sampai detik ini, kepastian itu belum ada," ujar Eddy, mengeluh.

All Star Tour Sumatera Selatan Alex Noerdin Cup merupakan sebuah kejuaraan yang ditujukan untuk membina pemain usia U-12 dan U-14 di 17 kabupaten/kota se Sumatera Selatan. Panitia menghadirkan legenda timnas Indonesia Hery Kiswanto, eks pemain Persita Cristian Carasco dan beberapa eks timnas lainnya.

Kejuaraan disebut Eddy berlangsung sukses. Ada 7 ribu anak di 17 kabupaten/ kota yang mengikuti seleksi. Mereka semua nantinya akan mendapatkan sertifikat yang ditandatangani Ronaldinho.

"Pihak Ronaldinho akhirnya mengambil keputusan untuk reschedule atau jadwal ulang tapi belum ditentukan waktu dan tempat. Hanya ada satu pilihan kalau tidak bisa di Jakabaring, kami akan bawa Ronaldinho ke Gelora Bung Karno Jakarta. Ambil hikmahnya, kalau di Jakarta semua orang bisa lihat Ronaldinho," ujar Eddy.

3 of 3

Seharusnya Mendukung

Nama Julukan Pesepak Bola, Ronaldinho,  Kun Aguero
Ronaldinho direncanakan hadir di Jakarta (AFP/Lluis Gene)

Sementara itu, Ketua Panitia All Star Tour Sumatera Selatan Alex Noerdin Cup Yesayas Oktafianus juga menyayangkan sulitnya perizinan di Jakabaring. Pemprov seharusnya, kata dia, mengikuti instruksi pemerintah dalam pengembangan sepak bola usia muda.

"Harusnya ada sinergi dari mulai presiden hingga bupati. Inpres no III/2019 juga melibatkan 12 kementerian demi melancarkan program pengembangan bakat pemain usia muda. Proyek ini sudah disiapkan sejak 2017,sangat disayangkan Pemprov tidak mendukung," kata pria yang juga wartawan ini.

Di sisi lain, Eddy Sofyan juga membuka opsi kemungkinan acara puncak All Star Tour Sumatera Selatan Alex Noerdin Cup dan kehadiran Ronaldinho digelar secara terpisah. "Kapan pastinya kami belum bisa pastikan, kalau saya tentu inginnya secepatnya," ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓