6 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Dicoret Indra Sjafri

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 18 Mar 2019, 19:40 WIB
Diperbarui 18 Mar 2019, 19:40 WIB
Timnas Indonesia U-23
Perbesar
Gelandang Timnas Indonesia U-23, Billy Keraf, menggiring bola saat melawan Semen Padang pada laga ujicoba di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (12/3). Keduanya bermain imbang 2-2. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, membawa 24 pemain ke Hanoi, Vietnam, untuk menjalani kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang digelar pada 22 hingga 26 Maret 2019. Dengan keputusan tersebut, maka ada 6 pemain dicoret oleh Indra Sjafri. 

Indra Sjafri tak hanya membawa 23 pemain, tetapi membawa 24 pemain ke Hanoi karena masih ingin melihat lebih lanjut pilihan dari tiga striker yang dimilikinya. Keberhasilan Ezra Walian bermain apik dan mencetak gol dalam laga uji coba kontra Bali United membuat Indra Sjafri membutuhkan waktu untuk memutuskan dua striker yang akan menjadi senjatanya di kualifikasi Piala AFC U-23 2020.

Saat ini, Indra Sjafri memiliki Ezra Walian, Marinus Wanewar, dan Dimas Drajad, yang berposisi sebagai striker. Dengan masuknya Ezra Walian ke dalam skuat Garuda Muda yang berangkat ke Hanoi, maka semua pemain yang dipanggil dari klub luar negeri, termasuk Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani, masuk dalam skuat asuhan Indra Sjafri.

Namun, nasib berbeda dialami oleh empat pemain yang baru mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 selepas skuat Garuda Muda itu menjuarai Piala AFF U-22 2019. Keempat pemain, yaitu TM Ichsan, Mahir Radja, Kadek Raditya, dan Feby Eka Putra, akhirnya dicoret.

Keempat pemain tersebut merupakan bagian dari tujuh pemain baru yang dipanggil oleh Indra Sjafri selepas Tim Garuda Muda menjadi juara Piala AFF U-22 2019, di mana tiga lainnya adalah Ezra, Saddil, dan Egy. Namun, dengan bergabungnya tiga pemain yang berkarier di luar negeri itu, ada dua pemain skuat Garuda Muda yang menjuarai Piala AFF U-22 2019 yang ikut tercoret.

Kedua pemain tersebut adalah Billy Keraf dan Todd Rivaldo Ferre. Kehadiran Saddil Ramdani memang membuat Indra Sjafri mau tidak mau melepas satu dari beberapa pemain sayap yang dimilikinya. Ketimbang mencoret Osvaldo Haay dan Witan Sulaeman, Indra Sjafri pun memutuskan mencoret Billy Keraf.

Sementara untuk Todd Rivaldo Ferre, pemain bertubuh mungil yang memiliki kecepatan dan dribel mumpuni tersebut diindikasikan dalam kondisi tidak fit. Berawal dari benturan keras yang dialami dalam internal game Timnas Indonesia U-23 pada 9 Maret 2019, Todd Ronaldo Ferre kemudian sempat berlatih ringan beberapa hari dan tak bermain dalam laga uji coba kontra Semen Padang di Jakarta.