Sukses

Mulai 2021, FIFA Putuskan Piala Dunia Antarklub Diikuti 24 Tim

FIFA juga memberlakukan aturan Piala Dunia Antarklub digelar empat tahun sekali.

Liputan6.com, Zurich - Badan sepak bola dunia FIFA memastikan bahwa ajang Piala Dunia Antarklub mulai 2021 mendatang bakal digelar empat tahun sekali dan diikuti 24 tim peserta.

Dalam format saat ini, Piala Dunia Antarklub diikuti oleh tujuh klub dari enam konfederasi berbeda. Real Madrid menjadi jawara edisi 2018 lalu yang digelar di Uni Emirat Arab.

Namun mulai 2021 mendatang, Piala Dunia Antarklub akan digelar pada Juni dan Juli melibatkan 24 kontestan. Ajang ini bakal menggantikan pentas Piala Konfederasi di kalender FIFA.

"Mulai sekarang dunia akan melihat Piala Dunia Antarklub yang sebenarnya di mana para tim terbaik akan bersaing untuk menjadi juara dunia klub," ujar Presiden FIFA, Gianni Infantino dalam konferensi pers di Miami, Amerika Serikat, Jumat (15/3).

"Ini penting karena klub sepak bola telah berevolusi. Mereka bergerak dengan kecepatan berbeda dalam bagian dunia yang berbeda dan menjadi tugas dan tanggung jawab kai untuk memastikan bahwa kami mendorong klub sepak bola profesional di seluruh dunia," imbuhnya.

"Kami ingin memiliki kompetisi yang menarik, prestisius, dan inklusif bagi klub dan kami akan memilikinya dengan Piala Dunia Antarklub edisi anyar yang dimulai pada 2021, jadi saya sangat senang keputusan ini telah diambil," tukasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sangat Antusias

Meski FIFA mengaku sangat antusias dengan penambahan tim ini, akan tetapi keputusan tersebut ditentang oleh klub-klub Eropa yang merasa ajang tersebut tak sesuai dengan kalender yang sudah mereka susun hingga 2024 mendatang.

Menanggapi penentangan ini, Infantino pun mengaku pihaknya sudah menggelar diskusi dengan presiden UEFA. Infantino pun optimis kesepakatan antara FIFA dengan klub-klub benua biru akan segera tercapai dalam waktu dekat.

3 dari 3 halaman

Kesepakatan

"Kami memiliki tanggung jawab untuk mengambil keputusan di FIFA dan kami mengambilnya. Saya yakin dalam beberapa pekan ke depan pembicaraan dengan UEFA akan menghasilkan beberapa kesepakatan yang positif," tegas Infantino.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.