Sukses

La Liga dan Bundesliga Terancam Tanpa Wakil di 8 Besar Liga Champions

La Liga dan Bundesliga menyisakan satu tim di Liga Champions.

Liputan6.com, Nyon - Wakil La Liga dan Bundesliga terancam tanpa tim pada babak 8 besar Liga Champions 2018/2019. Ini akan pertama kali terjadi jika kedua negara gagal mengirim wakil.

Sejak menggunakan format sekarang (per 2003/2004), tidak pernah tim Spanyol dan Jerman absen secara bersamaan di perempat final Liga Champions.

Keduanya tentu sempat terpuruk, tapi jumlahnya sangat sedikit. La Liga hanya sekali absen mengirim tim di 8 besar pada 2004/2005. Sedangkan Bundesliga melewatkan 8 besar edisi 2003/2004 dan 2005/2006.

Terjepitnya tim La Liga dan Bundesliga mengherankan karena keduanya menghasilkan sembilan juara sejak 2003/2004. Namun, mereka harus mengakui keunggulan rival pada kesempatan kali ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gagal Bicara Banyak

 

Dengan Valencia gagal menandingi Juventus dan Manchester United pada fase grup, La Liga menyaksikan Real Madrid dan Atletico Madrid terhenti di perdelapan final. Juara empat kali dalam lima tahun terakhir Real Madrid dikejutkan Ajax Amsterdam. Sementara Atletico Madrid tak berdaya di hadapan Juventus. 

Sementara Bundesliga bernasib sama. Hoffenheim tidak mampu menandingi Manchester City dan Olympique Lyon di grup. Borussia Dortmund lalu disisihkan Tottenham Hotspur dengan Schalke 04 dibungkam Manchester City pada 16 besar Liga Champions.

3 dari 3 halaman

Tergantung Barca dan Bayern

Untuk menghindari rekor tersebut, nasib kedua negara tergantung wakil terakhir dini hari nanti. La Liga bertumpu kepada Barcelona yang mesti mengalahkan tim Prancis Olympique Lyon di Camp Nou. Hasil imbang dengan gol atau kekalahan akan membuat mereka tersisih.

Sementara Bayern Munchen mengibarkan bendera bagi Bundesliga. Seperti Barcelona, FC Hollywood wajib berjaya karena hasil 0-0 melawan wakil Inggris Liverpool di Anfield, tiga pekan lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.