Shan United vs Persija: Catatan Rivalitas Klub Myanmar dan Indonesia di Piala AFC

Oleh Muhammad Adiyaksa pada 11 Mar 2019, 14:52 WIB
Striker Persija Jakarta, Silvio Escobar, berusaha melewati kepungan pemain Becamex Binh Duong pada laga Piala AFC. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Myanmar dan Indonesia tercatat sudah sembilan kali bertemu di Piala AFC sejak 2009 silam. Lalu, negara mana yang lebih unggul di turnamen antarklub kasta kedua Asia tersebut?

Ternyata, tim asal Myanmar amat mendominasi. Pertarungan Arema FC kontra Ayeyawady United pada penyisihan grup Piala AFC membuka sejarah rivalitas antara wakil dari kedua negara ini. Kala itu, tim berjuluk Singo Edan ini hanya bermain imbang 2-2 melawan Ayeyawady di Malang namun pesta gol 3-0 di Myanmar.

Selang setahun kemudian, Persibo Bojonegoro bertemu Yangon United di babak penyisihan grup Piala AFC. Hasilnya? Persibo takluk 0-3 di Myanmar dan dibantai 1-7 di kandang sendiri.

Pertemuan lanjutan antara wakil Myanmar dan Indonesia terjadi di babak 16 besar Piala AFC. Ketika itu, dalam satu leg, Persipura Jayapura mampu mempermak Yangon United 9-2 di Stadion Mandala.

Lagi-lagi, pada babak penyisihan grup Piala AFC klub Myanmar dan Indonesia kembali bentrok. Kali ini, hasil imbang mewarnai duel Persib Bandung kontra Ayeyawady United. Di Myanmar, skor berakhir 1-1. Adapun di Bandung, hasil 3-3 mengakhiri pertandingan.

2 of 3

Bali United Perburuk Rekor Pertemuan

Yangon United vs Bali United
Laga Yangon United vs Bali United di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (11/4/2018). (Bola.com/yangonunited.com)

Rekor pertemuan antara wakil Indonesia dengan Myanmar menjadi timpang setelah Bali United takluk dua kali dari Yangon United pada babak penyisihan grup Piala AFC 2018. Tim berjuluk Serdadu Tridatu itu kalah 1-3 di Gianyar, dan kembali menyerah 2-3 kala menyambangi Myanmar.

Dari sembilan kali bertemu, wakil Myanmar berhasil empat kali meraih kemenangan. Sedangkan klub Indonesia hanya dua. Empat partai lainnya berakhir imbang.

Rekor pertemuan antar-wakil kedua negara tersebut dapat berubah kala Persija Jakarta menantang Shan United pada partai kedua Grup G Piala AFC di Thuwunna Stadium, Selasa (12/3/2019). Tim berjuluk Macan Kemayoran iniĀ berpeluang memperbaiki rekam jejak klub Tanah Air asalkan berhasil membawa pulang tiga poin ke ibu kota.

3 of 3

9 Pertandingan Wakil Myanmar dan Indonesia di Turnamen Antar-Klub Asia

Piala AFC 2012

Arema FC 2-2 Ayeyawady United

Ayeyawady United 0-3 Arema FC

Piala AFC 2013

Yangon United 3-0 Persibo Bojonegoro

Persibo Bojonegoro 1-7 Yangon United

Piala AFC 2014

Persipura Jayapura 9-2 Yangon United

Piala AFC 2015

Ayeyawady United 1-1 Persib Bandung

Persib Bandung 3-3 Ayeyawady United

Piala AFC 2018

Bali United 1-3 Yangon United

Yangon United 3-2 Bali United

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓