Sukses

MotoGP Qatar: 4 Pabrikan Gugat Kemenangan Dovizioso

Protes dilancarkan karena motor Ducati yang ditunggangi Dovizioso di MotoGP Qatar menggunakan winglet yang dinilai sebagai komponen ilegal.

Liputan6.com, Losail - Kemenangan pembalap Ducati Andrea Dovizioso pada MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Minggu (10/3/2019) atau Senin (11/3/2019) dini hari WIB, digugat empat pabrikan. Mereka memprotes motor Dovizioso karena menggunakan winglet yang dinilai sebagai komponen ilegal. 

Seperti dilansir Motorsport, pada balapan MotoGP Qatar, Ducati menggunakan winglet baru di depan ban belakang. Penggunaan perangkat itulah yang memicu protes dari empat tim. Perangkat itu bukan hanya digunakan Dovizioso, tapi juga rekan setimnya Danilo Petrucci. 

Keempat pabrikan yang menggugat kemenangan Dovizioso adalah Honda, Aprilia, Suzuki, dan KTM. Satu-satunya pabrikan yang tidak mengajukan protes adalah Yamaha. 

Winglet tersebut diduga bisa membantu mendinginkan ban belakang. Perangkat tersebut sebelumnya sudah diuji coba oleh Ducati pada tes pramusim MotoGP 2019. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diinvestigasi

Direktur Teknik MotoGP sudah meminta Ducati menyerahkan komponen tersebut. Mereka akan menginvestigasi apakah komponen tersebut melanggar regulasi atau tidak. 

Protes empat pabrikan tersebut menjadi krusial karena Andrea Dovizioso berstatus pemenang balapan MotoGP Qatar 2019. Dia naik podium utama setelah memenangi persaingan sengit melawan Marc Marquez, dengan margin 0,023 detik.  

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.