Sukses

3 Momen Bersejarah Arsenal vs MU di Liga Inggris

Arsenal akan menghadapi Manchester United (MU) dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu (10/3/2019) WIB di Emirates Stadium.

Liputan6.com, London - Arsenal akan menghadapi Manchester United (MU) dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu (10/3/2019) WIB di Emirates Stadium. Melihat reputasi kedua tim, duel nanti malam diprediksi bakal berlangsung sengit.

Selain soal reputasi, kedua tim juga saat ini sama-sama sedang bersaing untuk finis di empat besar klasemen Liga Inggris. Arsenal dan MU terpaut satu poin di tabel klasemen.

MU berada di peringkat keempat dengan 58 poin, sementara Arsenal di posisi kelima dengan 57 poin. Tak ayal, siapapun yang menang di laga nanti, punya peluang besar untuk finis di zona Liga Champions.

Sejatinya, pertemuan Arsenal dan MU selalu menyajikan suguhan yang menarik. Kedua tim selalu bersaing memperebutkan gelar juara, terutama saat era Arsene Wenger dan Sir Alex Ferguson.

Menyambut laga nanti malam, berikut tiga momen bersejarah di duel Arsenal vs MU.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Juara di Old Trafford

Arsenal di era Arsene Wenger pernah mencatat sejarah dengan keberhasilan meraih juara Liga Inggris di markas MU, Stadion Old Trafford. Kemenangan 1-0 Arsenal atas MU kala itu lahir dari gol yang dicetak Sylvain Wiltord.

Peristiwa bersejarah ini terjadi pada musim 2001/02 tepatnya pekan ke-35. Arsenal datang ke Old Trafford setelah meraih lima kemenangan beruntun dan duduk sebagai pemuncak klasemen.

Gol kemenangan Arsenal bermula dari kesalahan Mikael Sylvestre. Bola kemudian direbut Fredie Ljungberg yang tendangannya masih dimentahkan Fabian Barthez.

Bola muntah itu lalu disambar Wiltord dan berbuah gol pada menit ke-56. Gelar ini adalah yang kedua bagi Arsenal di masa kepelatihan Wenger.

3 dari 4 halaman

2. Kekalahan 2-8

Old Trafford tak hanya menyimpan memori manis bagi Arsenal, melainkan memori buruk. Ya, di masa Wenger pula, Arsenal menderita kekalahan terbesar mereka atas MU.

Arsenal yang saat itu masih diperkuat Robin van Persie menjadi bulan-bulanan Wayne Rooney dan kawan-kawan. Diawali gol Danny Welbeck pada menit ke-22, MU berpesta gol lewat hattrick Rooney, dua gol Ashley Young, dan satu gol Tom Cleverley serta Nani.

Sayangnya, kegemilangan menekuk Arsenal tidak membuat MU keluar sebagai juara. Setan Merah -julukan MU- harus rela melihat rival sekota mereka, Manchester City meraihnya.

Gelar juara baru datang ke MU di musim 2012/13. Di akhir musim itu, Ferguson akhirnya memutuskan pensiun sebagai manajer.

4 dari 4 halaman

3. Insiden Pelemparan Pizza

Atmosfer panas yang kerap menyelimuti pertemuan kedua klub tidak jarang melebar ke luar lapangan. Salah satu insiden yang terkenal adalah pelemparan pizza ke arah Ferguson di lorong ganti Old Trafford.

Insiden ini terjadi selepas pertandingan panas kedua tim. Setelah sempat menjadi misteri, belakangan Cesc Fabregas mengakui, ia lah yang melempar potongan pizza tersebut.

Laga di Old Trafford itu sendiri memang berlangsung panas. Gol penalti Ruud Van Nistelrooy dianggap berbau kontroversi karena Wayne Rooney dituduh diving.

MU keluar sebagai pemenang di pertandingan itu dengan skor 2-0. Selain gol Nistelrooy, satu gol lainnya dicetak Rooney.

Kekalahan ini memutus catatan 49 kemenangan Arsenal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Arsenal vs MU