Los Blancos Perlu Revolusi

Oleh Windi.Wicaksono pada 08 Mar 2019, 17:15 WIB
Diperbarui 08 Mar 2019, 17:15 WIB
Bantai Real Madrid, Ajax Melaju ke Perempat Final Liga Champions
Perbesar
Para pemain Real Madrid saat dikalahkan Ajax Amsterdam 1-4 di Santiago Bernabeu. (AP Photo/Manu Fernandez)

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid bernasib tragis musim ini. Di Liga Champions, mereka disingkirkan Ajax Amsterdam di babak 16 besar dengan agregat 3-5.

Di Copa del Rey, Los Blancos tersisih di babak semifinal setelah kalah memalukan dari rival abadi mereka, Barcelona. Di kompetisi La Liga Spanyol, kans Sergio Ramos dan kawan-kawan tergolong berat.

Real Madrid berada di posisi ketiga dan tertinggal 12 poin dari Barcelona, yang memuncaki klasemen. Real Madrid terancam gagal meraih satu pun trofi utama musim ini, meski mereka telah menjuarai Piala Dunia Antarklub.

Kegagalan klub ibu kota Spanyol ini jelas bukan karena kesalahan satu atau dua pemain. Terlalu naif jika menyebut kepergian Cristiano Ronaldo ke Juventus jadi alasan utama Real Madrid melempem musim ini.

Belakangan, kabarnya hubungan kurang harmonis malah terjadi antara manajemen Real Madrid dengan para pemain. Situasi tersebut jelas semakin tidak menguntungkan Los Blancos.

Rumor kepergian para pemain bintang terus membayangi Real Madrid. Gareth Bale, Marcelo, Luka Modric, Isco, Karim Benzema, dan terakhir Sergio Ramos disebut-sebut bakal meninggalkan El Real akhir musim ini.

Namun, sepertinya Real Madrid memang perlu mengubah wajah tim mereka musim depan. Para pemain senior Real Madrid mungkin perlu tantangan baru, sehingga perlu dibiarkan pergi.

 

 

 

Ubah Skuat

florentino perez
Perbesar
Presiden Real Madrid, Florentino Perez. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

"Real Madrid perlu mengubah setengah dari skuat mereka, bukan hanya Marcelo," kata mantan pelatih mereka, John Toshack kepada El Golazo de Gol.

Presiden Real Madrid, Florentino Perez, dalam tiga musim terakhir lebih banyak belanja pemain muda potensial. Perez berupaya membangun tim masa depan El Real.

Namun, sederet pemain bintang jelas perlu didatangkan ke Santiago Bernabeu. Belanja pemain-pemain sesungguhnya merupakan kebiasaan Los Blancos yang mulai ditinggalkan.

Eden Hazard, Mauro Icardi, dan Christian Eriksen kemungkinan menjadi pemain bintang yang direkrut Real Madrid musim panas nanti. Tapi, sejumlah nama pemain top lainnya juga menjadi incaran Los Blancos.

Fokus Bangkit

Revolusi Real Madrid akan dimulai selepas musim ini berakhir. Di kursi pelatih, nama Jose Mourinho paling santer dikaitkan dengan untuk menggantikan Santiago Solari.

Sekarang, saatnya Real Madrid membangun kembali tim mereka dan fokus bangkit musim depan. Menarik menyimak bagaimana langkah yang diambil Perez untuk mengembalikan kejayaan Los Blancos.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓