Sukses

Jelang MotoGP Qatar, Pembalap Honda Masih Pusing dengan Front-End

Rider MotoGP asal Inggris itu masih kesulitan dengan front-end selama tes pramusim.

Liputan6.com, Losail - Jelang balapan MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, akhir pekan ini, rider LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow pesimistis dengan RC213V tahun 2019. Sebab, dia masih kehilangan kekuatan pada front-end (grip atau daya cengkeram).

Rider MotoGP asal Inggris itu masih kesulitan dengan front-end selama tes pramusim. Dia berusaha mencari solusi atas masalah yang dihadapinya itu, tapi dia tidak bisa membicarakan hal tersebut kepada pembalap Honda lainnya, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo.

"Saya akan benar-benar jujur. Saya tidak tahu mengapa saya tidak punya feeling pada front-end. Saya kira di situlah kami sedikit kesulitan. Saya tidak berpikir punya feeling pada front-end seperti tahun lalu," katanya, seperti diberitakan Motor Sport.

Crutchlow menyebut front-end yang dimiliki Honda sangat bagus. Namun, dia tak yakin bisa maksimal di Sirkuit Losail karena daya cengkeram motornya sangat rentan.

"Kita tahu front-end Honda bagus. Kami selalu terjatuh karena front-end. Namun seperti yang saya katakan berkali-kali, bukan karena front-end kami buruk, itu karena front-end bagus sehingga kami memanfaatkannya terlalu banyak," ucap rider MotoGP berusia 33 tahun tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesulitan di Lap Akhir

Front-end milik Honda, kata Crutchlow, bisa menjadi masalah di lap-lap akhir. Tentunya, teknologi Honda itu bisa berdampak buruk karena lebih cepat membuat ban belakang menjadi aus.

"Jika pembalap memiliki banyak grip belakang, mereka menggunakannya sebagai senjata mereka. Namun, pada akhir balapan mereka lebih kesulitan karena ban sudah habis."

"Kami kebalikannya. Kami banyak menekan bagian depan, menyebabkan banyak kecelakan selama bertahun-tahun, tetapi kami bisa bertarung di area itu. Kami selalu bagus di zona rem, dan saya merasa kami kalah di situ (front-end) saat ini," ucap Crutchlow menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal MotoGP Qatar

Jumat, 8 Maret 2019

19.40 WIB - 20.25 WIB Sesi latihan bebas pertama

Sabtu, 9 Maret 2019

00.00 WIB - 00.45 WIB Sesi latihan bebas kedua

19.15 WIB - 20.00 WIB Sesi latihan bebas ketiga

23.20 WIB -23.50 WIB Sesi latihan bebas keempat

Minggu, 10 Maret 2019

00.00 WIB - 00.40 WIB Sesi kualifikasi

19.40 WIB - 20.00 WIB Sesi Pemanasan

Senin, 11 Maret 2019

00.00 WIB Balapan

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.