Sukses

Alasan Manajer Arsenal Geser Mkhitaryan Jadi Bek Kanan

Manajer Arsenal geser Mkhitaryan jadi bek kanan saat kalah dari Rennes di Liga Europa.

Liputan6.com, London- Manajer Arsenal, Unai Emery mulai bereksperimen dengan tim yang dilatihnya. Setelah mendepak Mesut Ozil dari skuat inti, Emery juga kini menggeser posisi Henrikh Mkhitaryan menjadi bek kanan.

Ini jelas bukan posisi biasa bagi Mkhitaryan di Arsenal. Gelandang asal Armenia (30) ini biasanya bermain sebagai gelandang serang di belakang striker.

Namun Emery menerapkan strategi tak biasa saat memainkan Mkhitaryan di bek kanan pada laga Arsenal melawan Rennes pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa 2019.

Emery memang membuat keputusan yang tak biasa ketika Arsenal harus bermain dengan 10 pemain menyusul kartu merah Sokratis Papastathopoulos pada menit ke-41. Alih-alih memasukkan seorang bek untuk memperkuat pertahanan, Emery justru menggeser posisi Mkhitaryan sebagai bek kanan.

Keputusan yang banyak dipertanyakan karena di bangku cadangan masih ada nama Ainsley Maitland-Niles yang merupakan bek kanan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Unai Emery

Arsenal sendiri pada laga tersebut mampu unggul cepat pada menit keempat lewat gol Alex Iwobi. Namun setelah kartu merah Sokratis Papastathopoulos pada menit ke-41 membuat The Gunners goyah. Tiga gol balasan dicetak oleh tuan rumah Rennes lewat gol Benjamin Bourigeaud, bunuh diri Nacho Monreal dan gol dari Mehdi Zeffane.

"Pertama-tama dan alasan utama karena kami datang setelah laga terakhir di Southampton dengan performa yang sangat bagus dengan bek sayap seperti ini. Dan setelah kartu merah, pertama yang saya inginkan adalah untuk menjaga posisi dengan para pemain ini karena di babak kedua kami perlu pemain fresh untuk membantu lebih dalam momen ofensif, memaksimalkan peluang dan memberi opsi," terangnya.

"Kami benar-benar tak menciptakan banyak peluang untuk mencetak gol kedua, tapi saya pikir Micky sudah bekerja sangat baik dan dengan sebuah performa yang bagus. Saya pikir ini tak jadi masalah bagi Micki dan sebagai contoh, 40-50 menit dia bermain sebagai bek kanan, dia bermain baik," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Kenapa Bukan Maitland-Niles?

Setelah kartu merah dari Sokratis Papastathopoulos empat menit sebelum pertandingan babak pertama berakhir, banyak pertanyaan mengapa Emery menggeser posisi Mkhitaryan sebagai bek, bukan memasukkan Maitland-Niles.

Pertanyaan-pertanyaan itu akhirnya diklarifikasi oleh Unai Emery.

"Karena kami hanya punya tiga pergantian dan kami perlu untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dengan pergantian ini. Micki, saya pikir bermain baik.. Andai dia tak bermain baik, mungkin kami bisa berpikir untuk memasukkan Maitland-Niles," tutupnya.

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.