Real Madrid Tersingkir dari Liga Champions, Ini Kata Solari

Oleh Marco Tampubolon pada 06 Mar 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 06 Mar 2019, 09:00 WIB
Real Madrid Gagal Lolos ke Perempat Final
Perbesar
Ekspresi Gareth Bale usai Real Madrid tumbang pada laga leg kedua, babak 16 besar Liga Champions yang berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu (6/3). Real Madrid kalah 1-4 kontra Ajax. (AFP/Gabriel Bouys)

Liputan6.com, Jakarta Real Madrid gagal mempertahankan status juara Liga Champions pada musim ini. Alih-alih mengulang sukses tiga musim sebelumnya, Los Blancos justru tersingkir di babak 16 besar. 

Langkah Real Madrid terhenti setelah kalah 1-4 dari Ajax Amsterdam pada leg kedua yang berlangsung di Santiago Bernabeu, Rabu dini hari WIB (6/3/2019). Meski menang 2-1 pada leg pertama, dengan hasil ini Los Blancos harus masuk kotak setelah kalah agergat 2-5. 

Pelatih Real Madrid, Santiago Solari, tentu jadi sorotan. Apalagi ini merupakan kekalahan keempat secara beruntun yang dialami pasukannya saat tampil di depan publik sendiri.

Dalam duel ini, Real Madrid tidak diperkuat oleh kapten sekaligus bek andalannya, Sergio Ramos. Bek tangguh itu absen karena sanksi. Sementara dua pemain kunci Real Madrid melawan Ajax, Lucas Vazguez dan Vinicius Junior tidak bisa bermain penuh. Mereka ditarik keluar pada babak pertama setelah mengalami cedera. 

"Tentu saja," kata Solari saat ditanya apakah pasukannya merasak kehilangan Ramos. 

"Tanpa mengecilkan peran pemain lainnya, tentu saja kami kehilangan kapten," kata pelatih asal Argentina itu seperti dilansir Marca. 

Ini merupakan musim yang sulit bagi Real Madrid sejak pertama kali ditinggal Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane. "Musim ini sangat sulit, tapi kami ada di sini untuk menunjukkan keteguhan hati dan karakter kami di masa suli," kata Solari. 

"Saat-saat yang mudah itu mudah untuk semua orang, kami bisa memanjat dan menjelajahinya. Namun saat-saat sulit kamu harus menunjukkan keberanian," bebernya.

 

 

Tetap Tenang

Bek Real Madrid, Dani Carvajal.
Perbesar
Bek Real Madrid, Dani Carvajal, mengakui jika Ajax Amsterdam layak lolos ke perempat final Liga Champions musim ini. (AFP/GABRIEL BOUYS)

Kekakalahan atas Ajax tentu saja menyisakan pekerjaan rumah yang tidak mudah bagi Solari. Ini menjadi momen yang tidak mudah bagi pengganti Julen Lopettegui tersebut. 

Namun Solari mencoba untuk tetap tenang. "Apa yang harus kami lakukan adalah tetap setenang mungkin di saat yang sulit dan melaluinya dengan karakter terbaik," katanya. 

"Madrid lebih besar dari kami--selalu kembali--dan kembali bahkan lebih kuat."

Hasil Liga Champions

Logo Liga Champions
Perbesar
Logo Liga Champions (Ilustrasi stadion)

Babak 16 Besar Liga Champions

Leg 1 Ajax Amsterdam vs Real Madrid : 1-2

Leg 2 Real Madrid vs Ajax Amsterdam: 1-4

Ajax lolos dengan agregat 5-2

 

Leg 1 Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund: 3-0

Leg 2 Borussia Dortmund vs Tottenham Hotspur: 0-1

Tottenham Hotspur lolos dengan agregat 4-0

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓