Sukses

Mensos Agus Gumiwang Resmi Buka Asiana Cup 2019

Selain SSB lokal, ajang Asiana Cup 2019 juga diikuti satu tim yang didatangkan dari Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Asiana Cup 2019 resmi dibuka Sabtu (2/3/2019) pagi di Lapangan Panahan Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta. Sembilan Sekolah Sepakbola (SSB) dari berbagai daerah diundang untuk mengikuti turnamen yang sudah mamasuki tahun kelima ini.

Selain SSB lokal, satu tim didatangkan dari Malaysia untuk ikut menyemarakan perebutan trophi serta medali. Sembilan SSB tersebut adalah, tuan rumah Asiana Soccer School, NFDP Malaysia, Villa 2000, Pelita Jaya, UNI Bandung,Tugu Muda Semaran, RMF UNY, FU15, dan Cipta Cendikia.

Kesepuluh tim tersebut akan bertarung untuk tempat partai final Asiana Cup 2019 yang akan digelar pada, Minggu (3/3). Turnamen ini dibuka langsung oleh founder Asiana Soccer School, Agus Gumiwang Kartasasmita. Ia menyampaikan dalam sambutannya bahwa ini merupaka turnamen untuk menciptakan bibit-bibit muda pesepakbola yang berkompeten. Serta menyelanggarakan turnamen usia dini berstandar Internasional.

"Tujuan dari turnamen ini digelar adalah untuk menumbuhkan bakat-bakat sepak bola yang berkompeten serta memiliki nilai sportivitas. bermainlah dengan bahagia serta ceria namun, selalu menjunjung tinggi nilai sportifitas," ujar pria yang juga menjabat sebagai Menteri Sosial RI.

Agus Gumiwang juga turut mengomentari tentang kondisi yang tengah dihadapi PSSI. Dalam sesi wawancara, pria yang akrab dipanggil AGK ini mengatakan bahwa ini merupakan momentum untuk bersama-sama berupaya membenanhi PSSI. Ia juga mengatakan keluarnya timnas U-22 menjadi juara merupakan oase ditangah karut marutnya persepakbolan Indonesia.

"Bisa dibayangkan PSSI sedang bermasalah, tapi anak-anak (timnas U-22) kita bisa juara ini menunjukan kita memiliki potensi. Saya kira reformasi saja tidak cukup, bagi saya harus dilakukan revolusi," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eksebisi Legenda Timnas

Opening Ceremony dibuka dengan pertandingan eksibisi antara legenda timnas Indonesia melawan staf kepelatihan Asiana Soccer School. Dalam pertandingan tersebut terlihat dua mantan pemain Persija di era perserikatan, Kamarudin Bakay dan Tonny Tanamal.

Selain para legenda timnas Indonesia, terlihat juga bintang muda sepakbola Indonesia, Luthfi Kamal dan Samuel Simanjutak. keduanya turut hadir untuk memotivasi para adik-adik peserta.

Rencananya turnamen ini akan kembali digelar pada bulan Agustus tahun ini. Dengan mengundang tim dari Thailand, Singapura serta Malaysia. Asiana Soccer Cup hanya mengadakan turnamen untuk satu kelompok umur saja. Pada edisi kali ini, kelompok usia U-10 menjadi pilihan, sementara untuk yang akan datang akan diperuntukkan usia angakatan tahun kelahiran U-11.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.