Sukses

Piala Presiden 2019: Ponaryo Minta Klub Jaga Komitmen

Piala Presiden 2019 merupakan ajang pramusim bagi klub sebelum tampil di Liga 1.

Jakarta - Mantan bintang timnas Indonesia, Ponaryo Astaman, menyebut Piala Presiden 2019 yang disiarkan Indosiar merupakan ajang pramusim yang bagus bagi klub sebelum memasuki kompetisi sesungguhnya.

Namun, General Manager APPI itu mengingatkan pentingnya komitmen klub dalam pandangannya terhadap turnamen tersebut terkait masa depan pelatih dan pemain.

Piala Presiden 2019 kembali bergulir sebagai turnamen pramusim edisi keempat setelah pertama kali digelar pada 2015. Turnamen yang diikuti oleh 18 klub Liga 1 plus 2 klub Liga 2 itu pun sudah mulai dipandang sebagai turnamen pramusim yang cukup bergengsi untuk bisa dimenangi.

[bacajuga:Baca Juga](3907529 3907506 3907416)

Pandangan tersebut membuat Ponaryo Astaman merasa manajemen klub peserta harus bisa menjaga komitmennya ketika mengikuti Piala Presiden 2019 sebagai sebuah turnamen pramusim. Ponaryo berharap tak ada lagi nasib buruk yang dialami pelatih atau pemain ketika akan masuk ke kompetisi liga yang sesungguhnya. 

"Sebagai pelatih, tentu komitmennya ingin menjadikan turnamen ini sebagai ajang mencoba tim sebaik mungkin sebelum memasuki liga. Namun, ya harus disepakati komitmen yang jelas dengan manajemen klub agar hasil pramusim tak menjadi tolok ukur bagi pelatih dan pemain ketika menyongsong kompetisi sesungguhnya," lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan dari Awal

Selain itu, Ponaryo Astaman juga menilai banyak klub harus memulai persiapan dari awal ketika kompetisi bergulir. Hal tersebut tak lepas dari komitmen ketika klub mengikuti turnamen pramusim.

"Tak hanya tim yang kalah di pramusim, bagi yang juara pun bisa saja terkena masalah. Ketika menang di turnamen pramusim, bisa saja tim menjadi terlena, lengah, lalu terlalu percaya diri. Akhirnya di kompetisi yang sesungguhnya menurun karena puncak performa justru ada di pramusim. Ketika mereka mengawali kompetisi sesungguhnya dari nol, itu bukan perkara yang mudah," ungkap mantan pelatih Borneo FC di Piala Presiden 2018 itu.

 

3 dari 3 halaman

Hingga 12 April

Piala Presiden 2019 digelar mulai 2 Maret hingga 12 April 2019. Babak penyisihan dibagi menjadi lima grup di 5 kota dan kabupaten di Jawa, yaitu Bandung, Bekasi, Magelang, Sleman, dan Malang.

Total ada 20 tim peserta yang ikut tampil dan ada 40 pertandingan disiarkan di Indosiar

Sumber: Bola.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.